Doa Niat Sholat

4 Doa Untuk Orang Tua yang Sesuai Sunnah Rasululloh

Kasih dan sayang orang tua terhadap anaknya adalah kasih sayang yang abadi sepanjang masa. Mulai kita dilahirkan, dibesarkan, sampai dinikahkan, entah berapa banyak pengorbanan yang telah mereka, ayah dan ibu kita lakukan. Tak ada yang bisa membalas semua kebaikan tersebut, kecuali doa dari anak yang sholeh untuk kedua orang tuanya.

Doa untuk orang tua sendiri merupakan salah satu dari 3 perkara yang amalnya akan terus mengalir. Jika seseorang meninggal, maka terputuslah semua amalan di dunia kecuali ilmu yang bermanfaat, harta jariyah, dan doa anak yang sholeh. Nah, bila mungkin selama ini kita kurang begitu menyadari tentang hal ini, maka mulai sekarang marilah kita doakan kedua orang tua kita, baik bila masih hidup maupun sudah meninggal sebagai hadiah untuk mereka berdua.

Doa Untuk Orang Tua

Di kesempatan artikel kali ini, kami akan membahas tentang kumpulan doa untuk orang tua yang bisa Anda amalkan sebagai wujud kasih sayang dan balas budi Anda sebagai anak. Simak secara lengkap, hapalkan, dan amalkan demi kebaikan kedua orang tua kita.

1. Doa untuk kedua orang tua

Yang pertama yaitu doa untuk orang tua yang sudah umum diketahui. Doa ini termasuk doa pendek dan mustajab, sehingga biasanya sudah akan diajarkan ketika kita masuk usia anak-anak. Bila Anda sudah berkeluarga, ajarkanlah doa ini kepada anak Anda supaya kelak ia dapat menjadi anak soleh yang mampu menolong kedua orang tuanya dari jerat api neraka. Berikut ini lafal, latin, dan artinya.

Doa untuk kedua orang tua

Latinnya : Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa
Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

Doa tersebut bisa diamalkan kapan pun dan dimanapun. Hanya saja akan lebih baik bila ia diamalkan setelah sholat dan dalam keadaan suci dari hadas dan najis. Dengan doa ini semoga semua dosa kita dan dosa kedua orang tua kita bisa diampuni oleh Alloh dan Alloh memasukan kedua orang tua kita dalam golongan orang-orang yang dikasihi.
Doa untuk Orang Sakit
Doa untuk Kebaikan Dunia Akhirat
Doa Panjang Umur

2. Doa untuk orang tua yang sakit

Adapun bila pada kondisi tertentu, salah satu atau kedua orang tua Anda sakit, berusahalah untuk semaksimalkan perhatian Anda kepada mereka. Gunanya orang tua membesarkan anak tak lain dan tak bukan adalah untuk menolong mereka bila sudah masuk ke dalam masa udzur. Jangan pernah membantah apa yang dimau kedua orang tua karena itu termasuk dosa besar. Ingatlah ketika Anda kecil, siapakah yang mengurusi Anda ketika sakit? Bukankah hanya kedua orang tualah yang selalu ada di samping Anda melayani dengan tulus sepenuh hati?

Nah, selain berusaha mengurusnya sebaik mungkin, Anda juga dapat mengamalkan doa untuk orang tua yang sakit supaya Alloh dapat mengangkat penyakitnya dan memberikan kesembuhan kepadanya. Berikut ini lafal doa yang dapat Anda bacakan untuknya.

Doa untuk orang tua yang sakit

Latinnya : Allahumma robbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughaadiru saqomaa.
Artinya : Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

3. Doa untuk orang tua yang sakit parah

Pada waktu yang telah ditentukan, jika diberikan kesempatan kita akan melihat bagaimana orang tua yang membesarkan kita sakit dengan parahnya. Dokter mungkin sudah menyarankan orang tua kita dibawa pulang dari rumah sakit karena kecil harapannya untuk dapat hidup normal kembali.

Pada kondisi ini, kita mungkin akan merasa tidak ikhlas. Namun disisi lain, kita juga tidak tega untuk melihatnya terus menderita dan tersiksa karena penyakitnya. Oleh karena itu, berusahalah untuk ikhlas. Jika kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi, maka berdoalah kepada Alloh dengan doa untuk orang tua yang sakit parah yang lafalnya sebagaimana berikut:

Doa untuk orang tua yang sakit parah

Latinnya : Allohumma ahyini maa-kaa-natil khayatu khoirolii, watawaf-fanii idza kaanatail wafaatu khorolii.
Artinya : Ya Allah, hidupkanlah aku (panjangkan usiaku), jika hidup itu lebih baik bagiku dan matikanlah aku jika kematian itu lebih baik bagiku.

Doa di atas dibacakan di atas ubun-ubun orang tua kita yang sakit. Setelah selesai membacanya, tiupkan nafas Anda sebanyak 3 kali. Biasanya tak berselang lama, kita akan menemukan adanya kuasa Alloh. Ia akan sehat bila masih diberi panjang usia, atau dia akan segera berpulang bila memang sudah menjadi kehendaknya.

4. Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Kematian adalah suatu kepastian. Orang tua yang begitu kita sayangi suatu saat juga akan pergi meninggalkan kita, menghadap kepada Pemiliknya. Sedih memang, tapi menangis saja tak akan cukup. Berdoalah untuk kebaikannya supaya ia dapat diberikan tempat terbaik di sisi Alloh SWT.

Adapun lafal doa untuk orang tua yang sudah meninggal beserta latin dan artinya adalah sebagai berikut:

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Latinnya : Allaahummaghfirlahu, warhamhu, wa'aafihii, wa'fu anhu, wa akrim nuzu lahu, wa wassi' madkholahu, waghsilhu bilmaai, wats-tsalji, walbarodi, wanaqqihi, minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wazaujan khoiron min zaojihi wa adkhilhuljannata wa 'aidzhu min 'adzaabilqobri wafitnatihi wamin 'adzaabinnaari.

Artinya : Wahai Allah, ampunilah, dan rahmatilah, dan bebaskanlah, dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka

Perhatian : Doa diatas dibacakan untuk ayah yang sudah meninggal, sementara untuk ibu yang sudah meninggal lafal kata “Hu” diganti dengan “Ha”. Misalnya : Allohummaghfirlaha ..dst.

Doa di atas dapat dibacakan ketika melihat jenazahnya dipembaringan, setelah menguburkannya, saat berziarah ke makamnya, atau setiap selesai sholat fardlu. Dengan doa tersebut, insya Alloh amalan baik akan mengalir untuk bapak dan ibu kita meski mereka telah tiada.

Nah, demikianlah 4 doa untuk orang tua sesuai sunnah yang dapat saya rangkum dari beberapa hadist. Semoga bisa diamalkan sesering mungkin sehingga orang tua kita dapat memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat. Amin Allohumma Aamiin. Salam.

0 Response to "4 Doa Untuk Orang Tua yang Sesuai Sunnah Rasululloh"