Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Kumpulan 10 Doa-Doa Wudhu, Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

Doa Wudhu - Doa adalah salah satu bentuk ibadah kita kepada Alloh sekaligus sebagai sarana untuk menyampaikan harapan dan keinginan. Doa dapat dilakukan di setiap kesempatan, termasuk ketika kita sedang menyucikan diri dari hadast kecil. Ya, doa memang dapat dilakukan ketika kita berwudhu, bahkan membaca doa pada waktu tersebut dianggap memiliki keutamaan dan nilai pahala, karena termasuk ke dalam salah satu sunnah yang sebaiknya dilakukan saat sedang berwudhu. Namun, seperti apakah bacaan doa wudhu yang benar dan sahih dan sebaiknya dibaca saat berwudhu? Berikut ini kami akan membahasnya secara lengkap!

Kumpulan Doa-Doa Wudhu

Sedikitnya kami telah merangkum adanya 10 doa doa wudhu yang terdapat di setiap gerakan rukun dan sunnah wudhu. Karena terbilang cukup banyak, maka mulai sekarang cicillah satu demi satu doa untuk Anda hapalkan sehingga kemudian Anda menjadi lebih mudah untuk mengamalkannya.

Kumpulan Doa-Doa Wudhu

1. Doa Niat Wudhu

Niat merupakan salah satu rukun wudhu yang wajib dilakukan seorang muslim ketika hendak berwudhu. Niat dapat hanya digetarkan dihati, atau dilafalkan secara langsung. Adapun dalam berniat, kita boleh menggunakan lafal dalam bahasa Indonesia, namun akan lebih utama apabila kita membaca doa niat wudhu dalam lafal bahasa Arab sebagaimana berikut:

Doa Niat Wudhu

2. Doa Ketika Membasuh Pergelangan Tangan

Membasuh telapak tangan adalah sunnah yang sebaiknya dilakukan untuk membuat nilai wudhu kita lebih sempurna. Membasuh telapak tangan bertujuan agar apabila di telapak tangan tersebut ada najis atau kotoran, maka ia tidak akan mengotori anggota wudhu lainnya. Adapun dalam membasuh pergelangan tangan, doa wudhu yang dibaca adalah sebagai berikut:

Doa Ketika Membasuh Pergelangan Tangan

3. Doa Ketika Berkumur-Kumur

Berkumur-kumur juga termasuk sunnah dalam berwudhu. Dengan berkumur-kumur, sisa makanan yang terselip di rongga mulut dapat benar-benar bersih, sehingga tidak akan mengganggu kekhusyuan kita dalam pelaksanaan ibadah sholat. Saat berkumur, Anda dianjurkan membaca doa wudhu sebagaimana berikut:

Doa Ketika Berkumur-Kumur

4. Doa Ketika Istinsyaq

Apakah yang dimaksud dengan istinsyaq? Istinsyaq adalah membersihkan lubang hidung dengan cara memasukan dan mengeluarkan air wudhu ke dalamnya. Istinsyaq termasuk sunnah wudhu yang sebaiknya dilakukan jika Anda ingin memiliki wudhu yang sempurna. Adapun saat melakukan istinsyaq, ada baiknya Anda membaca doa istinsyaq sebagaimana berikut:

Doa Ketika Istinsyaq

5. Doa Ketika Membasuh Muka

Membasuh muka atau wajah termasuk rukun wudhu. Artinya bila rukun ini tidak dikerjakan, maka tidak syah hukumnya wudhu yang Anda lakukan. Agar lebih memiliki keutamaan, membasuh muka sebaiknya diiringi dengan membaca doa berikut ini.

Doa Ketika Membasuh Muka

6. Doa Ketika Membasuh Tangan

Membasuh tangan hingga ke siku juga termasuk rukun wudhu. Sunnahnya yaitu dimulai dari tangan kanan ke tangan kiri, diulang sebanyak 3 kali, seraya membaca doa ketika membasuh tangan kanan dan kiri sebagaimana berikut:

Doa Ketika Membasuh Tangan

7. Doa Ketika Mengusap Kepala

Mengusap sebagian kepala atau rambut termasuk rukun wudhu. Rukun ini dilakukan dengan cara membasahi telapak tangan dengan air dan menyapukannya ke rambut depan ke rambut belakang, dan kembali lagi ke depan. Saat mengusap rambut, dianjurkan untuk membaca doa wudhu berikut ini:

Doa Ketika Mengusap Kepala

8. Doa Ketika Membasuh Telinga

Membasuh telinga termasuk sunnah wudhu. Membasuh telinga dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk untuk telinga dalam dan ibu jari untuk telinga luar. Seraya membasuh telinga, dianjurkan membaca doa wudhu berikut ini:

Doa Ketika Membasuh Telinga

9. Doa Ketika Mencuci Kaki

Mencuci kaki adalah rukun terakhir dalam urutan rangkaian gerakan wudhu. Membasuh kaki dimulai dari ujung jari hingga ke mata kaki. Seraya menyela-nyela jari-jari kaki, lebih utama bagi Anda untuk membaca doa wudhu berikut ini:

Doa Ketika Mencuci Kaki

10. Doa Setelah Wudhu

Setelah selesai melaksanakan wudhu, jangan lupa untuk kembali membaca doa. Pembacaan doa setelah wudhu adalah sunnah yang utama, sebagaimana dianjurkan oleh Rasululloh SAW, yang mana tidaklah sempurna wudhu kecuali dia melafalkan bacaan doa setelah wudhu yang benar dan sahih adalah sebagai berikut:

Doa Setelah Wudhu

Latinnya : Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriina.
Artinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci.

Nah, demikianlah kumpulan 10 doa doa wudhu lengkap dengan arti dan latinnya untuk dapat Anda pelajari dan hafalkan. Semoga dengan mengamalkan doa-doa ini di setiap gerakan rukun dan sunnah, kita bisa memperoleh wudhu yang sempurna, sebagaimana wudhunya Rasululloh SAW. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Kumpulan 10 Doa-Doa Wudhu, Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Artinya"