Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya dalam Bahasa Arab

Niat Puasa Senin Kamis - Segala amalan sunnah pastilah memiliki keutamaan dan manfaat. Sunnah yang dicontohkan Rosululloh memang adalah jalan yang bisa ditapaki setiap muslim untuk meraih kebaikan di kehidupan dunia dan akhirat. Salah satu permisalannya adalah ibadah puasa sunah senin kamis. Menunaikan puasa sunah ini, selain dapat memudahkan kita dalam mencapai ridho-Nya juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Ada banyak sahabat muslim dewasa ini yang berpikir dan ingin mulai menunaikan ibadah puasa senin kamis. Tak bisa dipungkiri, beragamnya manfaat dan keutamaan yang bisa diperoleh dari ibadah ini memang telah menarik minat banyak orang untuk mencoba rutin menunaikannya. Akan tetapi, tak sedikit di antara mereka yang terkendala karena tidak hapal bacaan niat dan doa berbuka saat akan menjalani puasa ini. Oleh karenanya, pada pembahasan berikut kami akan mengulas sekilas tentang bacaan niat puasa senin kamis dan doa berbuka puasanya bagi Anda yang membutuhkan.

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya dalam Bahasa Arab

Niat Puasa Senin Kamis

Terlepas dari keutamaan dan manfaat yang bisa diperoleh dari pelaksanaan puasa senin kamis, ketika Anda akan mulai menunaikannya sebetulnya Anda bisa membaca niat dalam hati dengan bahasa apapun. Akan tetapi, memang alangkah baiknya bila niat puasa senin kamis yang dibaca adalah niat dalam bahasa Arab yang lafadznya sebagaimana berikut.

1. Niat Puasa Sunah Hari Senin


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : “Nawaitu Sauma Yaumal Itsnaini Sunnatan Lillahi Tana’ala.”
Artinya : ”Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

2. Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : “Nawaitu Sauma Yaumal Khomiisi Sunnatan Lillahi Taa’ala.”
Artinya : “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”
Niat puasa senin kamis yang tercantum di atas dapat dibaca ketika malam hari hingga waktu sahur di hari dimana kita akan melaksanakan puasa. Namun, perlu diingat! Ketika akan melaksanakan puasa, pastikan diri Anda bebas dan suci dari hadast besar. Ada baiknya pada sore harinya Anda mandi wajib terlebih dahulu untuk memastikan kesucian diri Anda.

Aturan dan larangan yang dilaksanakan pada pelaksanaan puasa senin kamis sama seperti ketika Anda melaksanakan puasa Ramadhan. Anda tidak boleh makan, minum, campur dengan pasangan, mengumpat, menggunjing, dan melakukan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa hingga waktu Maghrib tiba.

Doa Berbuka Puasa Sunah Senin Kamis

Setelah waktu Maghrib tiba, Anda dapat membatalkan puasa dengan berbuka menggunakan minuman atau makanan yang manis. Sebelum berbuka, baiknya bacalah terlebih dahulu doa berbuka puasa senin kamis yang lafal bacaan latin dan artinya sebagaimana berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Latinnya : “Allaahummalakasumtu, Wabika Aamantu, Wa'alaa Rizqika Afthortu, Birohmatika, Yaa Arhamar Roohimiin.”
Artinya : “Ya Allah karana-Mu aku puasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa, dengan rahmat-MU, Ya Allah, Tuhan Maha Pengasih.”
Selain dengan lafadz di atas, Anda juga dapat berbuka puasa dengan terlebih dahulu membaca doa berikut:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ
Latinnya : “Dzahaba- Dzoma’u, Wabtalatil ‘Uruuqu, Wa Tsabatal Ajru, Insyaa Allah.”
Artinya : “Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”
Nah, itulah sekilas pemaparan kami mengenai niat puasa senin kamis dan doa berbukanya dalam bahasa Arab lengkap dengan bacaan latin dan artinya. Semoga setelah mengetahui bacaan niat dan doa-doa tersebut, kita semakin termotivasi untuk belajar menunaikan ibadah puasa senin kamis mulai dari sekarang.

Senin dan kamis adalah hari di mana malaikat datang untuk memeriksa amal perbuatan kita. Oleh karenanya sungguh lebih baik jika saat diperiksa kita tengah dalam kondisi berpuasa. Salam.

0 Response to "Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya dalam Bahasa Arab"