Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

3 Doa Nabi Sulaiman : Doa Penunduk, Untuk Kekayaan, dan Mengusir Jin

Doa Nabi Sulaiman - Nabi Sulaiman adalah seorang Nabi yang dianugerahi kekayaan berlimpah. Saking kayanya Nabi Sulaiman, ia bahkan dijuluki sebagai Raja segala mahluk. Kerajaan Nabi Sulaiman sangatlah besar. Istananya pun megah, berlapis emas dan permata. Selain diberikan anugerah kekayaan, Nabi Sulaiman juga diberi mukjizat yaitu ia dapat mengerti bahasa hewan dan dapat berbicara pada jin, serta dapat menundukan keduanya.

Doa Nabi Sulaiman

Semua yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman semasa hidupnya tentu tak lepas dari kuasa Alloh SWT. Doa-doa yang dipanjatkan nabi sulaiman telah dikabulkan dan diijabah oleh Alloh sehingga beliau dapat memiliki semua yang diingininya. Nah, pada masa sekarang banyak orang yang ingin kembali mengamalkan doa-doa nabi Sulaiman tersebut dengan beragam tujuan, misalnya untuk mengharap rejeki dan kekayaan, menyembuhkan orang kesurupan, atau untuk menundukan hewan buas. Oleh karena itu, di artikel kali ini kami akan membahas doa-doa tersebut untuk dapat Anda hapalkan dan Anda amalkan.

1. Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman yang pertama ini adalah doa yang dapat digunakan untuk memohon kelancaran rejeki dan untuk kekayaan. Jika Anda saat ini sedang mengalami kesulitan ekonomi, atau berharap agar keuangan Anda lebih baik, amalkanlah doa agar rezeki lancar seperti yang tercantum dalam QS Shaad ayat 35 berikut ini.

Latinnya : Rabbi ighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba'dii innaka anta lwahhaab.
Artinya : Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.

Doa tersebut dapat diamalkan setiap Anda selesai menunaikan sholat fardlu. Namun, akan lebih baik lagi bila Anda aktif menunaikan sholat Dhuha dan membacakan doa Nabi Sulaiman tersebut setiap hari. Akan tetapi, semua doa tersebut harus diiringi dengan ikhtiar, usaha, dan kerja keras Anda karena tidak mungkin kekayaan jatuh dari langit tanpa Anda mengusahakannya sendiri. Doa adalah sekedar munajat yang dapat melancarkan datangnya rejeki. [Baca Juga : Doa Agar Dagangan Laris]

2. Doa Nabi Sulaiman untuk Menundukan Hewan dan Mengusir Jin

Seperti yang terangkum dalam sejarah kehidupannya di Al-Qur’an, Nabi Sulaiman semasa hidupnya dibekali dengan mukjizat dapat berbicara dan mengerti bahasa hewan dan jin. Mukjizat nabi Sulaiman tersebut sangat bermanfaat bagi kemudahan syiar dan dakwahnya. Dengan mukjizat itu, semua hewan serta semua jin yang ada di muka bumi tunduk akan perintah beliau. [Baca Juga : Doa Nabi Musa]

Nah, bila Anda ingin memiliki sedikit karomah dari mukjizat Nabi Sulaiman tersebut, amalkanlah doa berikut  ini seperti yang tercantum dalam QS An-Naml ayat 30 dan 31:

doa nabi sulaiman doa penunduk hewan, wanita, dan jin Latinnya : Bismilaahir rahmoonir rohiim. Laa ta'luu 'alayya wa'tuunii muslimiin.
Artinya : Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku, dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.

Doa di atas dapat dibacakan untuk mengobati orang yang kesurupan. Bacakan doa pengusir jin tersebut di telinga kanan orang yang sakit seraya menekan jempol kaki kanan dan kirinya, insya Alloh jin yang menggangu dan merasuk tubuh orang tersebut akan keluar dengan sendirinya. Doa ini sudah banyak dibuktikan dan terbukti makbul. Oleh karena itu, hapalkanlah agar bila suatu saat dibutuhkan Anda bisa langsung menggunakannya.

Selain untuk mengusir jin, doa Nabi sulaiman di atas juga dapat digunakan untuk menjinakan binatang. Semisal Anda bertemu ular liar atau binatang buas lainnya sehingga Anda berada dalam bahaya, bacalah doa di atas seraya berpasrah diri kepada Alloh. Insya Alloh, hewan liar tersebut bisa pergi dan tidak mengganggu Anda lagi.

3. Doa Nabi Sulaiman dalam Bersyukur

Kekayaan, mukjizat, dan kekuasaan yang diberikan oleh Alloh kepada Nabi Sulaiman tidak sedikit pun mengubah kepribadiannya. Beliau justru selalu memohon kepada Alloh agar bisa selalu menjaga amanat dan kodratnya sebagai mahluk. Beliau selalu bersyukur dan meminta agar ia tergolong orang-orang yang pandai bersyukur. Dan justru karena itulah Alloh kemudian malah menambah nikmat-nikmat kepadanya.

Sebagai seorang muslim, ada baiknya kita meniru sikap Nabi Sulaiman dalam menyikapi nikmat yang diberikan Alloh kepada kita. Karena, semakin kita bersyukur, maka Alloh akan semakin menambah kenikmatan dalam kehidupan kita. Bacalah doa nabi Sulaiman untuk bersykur berikut ini sebagaimana terdapat dalam QS An-Naml ayat 19.

Doa Nabi Sulaiman dalam Bersyukur Latinnya : Rabbi awzi'nii an asykura ni'mataka latii an'amta 'alayya wa'alaa waalidayya wa-an a'mala shaalihan tardaahu wa-adkhilnii birahmatika fii 'ibaadika shshaalihiin
Artinya : Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

Nah, demikianlah beberapa doa Nabi Sulaiman yang dapat kami sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga dengan mengamalkan doa-doa tersebut secara ikhlas dan berserah diri, apa yang menjadi keinginan Anda dapat dikabulkan oleh Alloh SWT. Amin Allohumma Amin.

0 Response to "3 Doa Nabi Sulaiman : Doa Penunduk, Untuk Kekayaan, dan Mengusir Jin"