Doa Niat Sholat

14 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita dan Kisah Nyata Keajaibannya

Manfaat Puasa Senin Kamis - Ibadah puasa sunnah senin kamis adalah salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Rasululloh SAW sendiri sangat menganjurkan umatnya agar gemar melaksanakan puasa sunnah ini. Disebutkan dalam sebuah hadist bahwa pada hari senin dan kamis, amalan setiap manusia ditunjukan kepada Alloh sehingga ketika kita menunaikan ibadah puasa pada saat tersebut, tentu akan banyak keutamaan yang bisa kita peroleh.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Adapun selain memiliki banyak keutamaan, puasa sunnah senin kamis juga punya banyak manfaat. Berikut ini kami akan uraikan apa saja manfaat puasa senin kamis beserta kisah nyata sebagai buktinya. Silakan disimak!

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita

1. Manfaat puasa senin kamis untuk kesuksesan

Dalam Al-Quran maupun Hadist, memang tidak disebutkan bahwa menunaikan puasa sunah senin kamis bisa membuat seseorang serta merta mendapat kesuksesan dalam hidupnya. Akan tetapi, ada sebuah hadist yang menyebutkan bahwa menunaikan puasa senin kamis doa seseorang untuk memperoleh kesuksesan bisa lebih mustajab dan cepat terkabul.

Saya sendiri meyakini bahwa salah satu manfaat puasa senin kamis ini. saya menemukan banyak orang di sekitar saya yang rutin menunaikan puasa sunnah ini dan memperoleh kesuksesan dalam hidupnya. Apa yang dicita-citakannya dapat tercapai meskipun tidak serta merta langsung mendapatkannya. Tetap ada usaha yang mereka lakukan, hanya saja usaha tersebut selalu dimudahkan jalannya.

Bibi saya sendiri, Sri Purwaningsih namanya, ia selalu rutin melaksanakan puasa senin kamis semenjak masih gadis. Bukan hanya itu, ia juga tak tinggal sholat dhuha dan sholat tahajud setiap harinya. Hingga kini, ia telah memperoleh banyak kemudahan. Cita-citanya menjadi seorang PNS pun tercapai dan hidupnya menjadi lebih mulia.

Bukan hanya bibi saya, beberapa orang lain di sekitar saya juga telah membuktikan manfaat puasa senin kamis ini. Tak berlebihan jika sayapun mengikuti jejak mereka, menunaikan sunnah ini dengan ikhlas untuk memperoleh ridho Alloh dan mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

2. Manfaat puasa senin kamis bagi wanita

Selain bermanfaat sebagai bentuk ketaatan dan permohonan agar dimudahkan untuk mencapai kesuksesan, puasa senin kamis juga dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa penelitian yang telah terangkum dalam jurnal ilmiah menyebutkan bahwa puasa sunnah senin kamis dan puasa sunnah lainnya dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Bermanfaat untuk meremajakan sel kulit. Dalam Jurnal ilmiah terbitan Melbourne University disebutkan bahwa puasa yang rutin dapat membantu meremajakan sel-sel dalam tubuh secara berkala. Secara umum, sel tubuh memang akan dengan cepat tumbuh dan mati, namun dengan menunaikan puasa, khususnya puasa rutin senin kamis, proses pergantian sel akan berlangsung lebih cepat. Oleh karenanya, wajar bila banyak wanita yang rutin puasa dapat memiliki penampilan wajah yang lebih cantik. Dengan manfaat puasa senin kamis yang mampu meremajakan sel, termasuk sel kulit, wajahnya lebih tampak bersinar.

Membuang toksin atau racun dalam tubuh. Puasa membuat sistem pencernaan beristirahat dan membantu detoksifikasi berlangsung dengan bantuan enzim-enzim dalam lambung dan usus. Hal ini sudah diakui dunia barat dan bahkan dibuktikan dalam ilmu kedokteran modern. Dengan hilangnya sebagian racun di tubuh kita, kesehatan kita akan lebih baik dalam waktu panjang dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Menurunkan kadar lemak jahat. Bagi penderita kolesterol, darah tinggi, dan obesitas, puasa senin kamis yang rutin juga dapat membantu normalitas fungsi tubuh. Khususnya bagi penderita kolesterol, manfaat puasa senin kamis sangat efektif dalam mencegah peningkatan HDL atau kolesterol jahat dan membantu menurunkannya.

Memperbaiki kondisi kesehatan sistem pencernaan. Puasa senin kamis juga melatih kekuatan sistem pencernaan dan mengistirahatkannya. Jika dilakukan secara rutin, selain toksin yang keluar, kita juga dapat mengambil manfaat sehatnya sistem pencernaan kita.

3. Manfaat puasa senin kamis untuk jodoh

Bagi Anda yang tengah cukup umur tapi belum diberi jalan untuk memperoleh jodoh Anda, maka tunaikanlah puasa sunnah senin kamis untuk mempermudah diri Anda dalam menemukan jodoh. Dengan menunaikan puasa senin kamis, doa dan hajat yang kita miliki akan mudah diijabah dan segera terkabul, termasuk ketika Anda ingin segera menemukan jodoh yang baik dan sholeh/sholehah.

Ada beberapa wanita yang saya kenal pernah membuktikan kebenaran dari manfaat puasa senin kamis ini. salah satunya bahkan adalah kakak saya sendiri. Di usianya yang hampir menginjak 32 tahun, waktu itu ia belum ada bayang sama sekali siapa calon suami yang akan menikahinya. Ia sempat minder dan malu pada teman-teman dan keluarganya yang seumuran dan sudah lebih dahulu menikah. Namun, atas ikhtiar dan berkat ridho Alloh, tak lama berselang kemudian ada seorang pria yang meminangnya langsung ke rumah kami.

4. Manfaat puasa senin kamis secara spiritual

Puasa senin kamis bukan hanya memberikan manfaat bagi fisik Anda. Ia juga dapat memperkuat kondisi spiritual dan jiwa Anda. Beberapa manfaat puasa senin kamis secara spiritual yang bisa diperoleh bila Anda menunaikannya secara rutin adalah dapat menenangkan jiwa, latihan pengendalian hawa nafsu, melatih kepekaan terhadap lingkungan, dan memperbaiki kualitas keimanan.

Nah, itulah beberapa manfaat puasa senin kamis yang bisa kita peroleh jika kita rutin menunaikannya. Dapat disimpulkan bahwa puasa senin kamis ternyata bisa memberikan banyak sekali manfaat, bukan hanya untuk bentuk kepatuhan kita terhadap sunnah, tapi juga bisa memberikan kebaikan untuk kesehatan, kesuksesan, kemudahan jodoh, dan kondisi spiritual diri. Tak ada alasan lagi untuk tidak mengamalkan sunnah ini, bagi Anda yang belum tahu tata cara dan niat puasa senin kamis, silakan Anda pelajari di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat! Salam!

0 Response to "14 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita dan Kisah Nyata Keajaibannya"