Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

5 Doa Untuk Orang Sakit : Saat Menjenguk, untuk Kesembuhan, Mengobati, dll

Yang namanya kesehatan, kita tidak bisa memprediksinya. Kadang kali seseorang diserang penyakit sehingga ia harus beristirahat dan berobat menjalan proses penyembuhan. Dalam kondisi sakit, seseorang sangat membutuhkan dorongan agar mentalnya kuat sehingga ia dapat lekas sembuh. Adapun, bila ada teman Anda yang sakit, jenguk dan tengoklah ia, sampaikan doa untuk kesembuhannya.

Doa Untuk Orang Sakit

Nah, di artikel kali ini kami akan memaparkan kumpulan doa untuk orang sakit sesuai sunnah untuk beragam kebutuhan Anda, di antaranya doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh, ucapan doa untuk orang sakit, doa mengobati dan menyembuhkan penyakit, doa untuk orang sakit parah atau kritis, dan lain sebagainya. Kumpulan doa tersebut kami sertai dengan latin dan artinya agar Anda bisa lebih mudah memahaminya.

1. Doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh

Yang pertama yaitu doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh. Doa ini dibacakan ketika suatu saat Anda menjenguk teman atau orang yang sakit. Doa ini dimunajatkan dalam hati sebagai pengharapan agar sakit yang dideritanya agar cepat diangkat dan disembuhkan. Berikut ini lafal arab, latin, dan artinya seperti tercantum dalam HR. Bukhari, no. 5742 dan Muslim, no. 2191.

Doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh

Latinnya : Allahumma robban naas mudzhibal baasi isyfi antasy-syaafii, laa syafiya illaa anta syifaa’an, laa yughaadiru saqoman.
Artinya: Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.
Doa Panjang Umur
Doa Agar Suami Tidak Selingkuh
Doa Agar Suami Nurut Perkataan Istri

2. Ucapan doa untuk orang sakit

Selain doa di atas, Anda juga dapat memberikan ucapan doa untuknya agar mentalnya terdorong dan semakin kuat. Ucapan doa ini dapat disampaikan langsung kepada orang yang sakit baik dalam bahasa arab maupun artinya saja.

Ucapan doa untuk orang sakit

Latinnya : Maa yusiibulmuslima min nashobiin walaa washobi, walaa hamma, walaa hujni, walaa adzi, walaa gomman hattasysyaukati yusyaakuha illa kaffarollohu bimaa min khotooyaah. As-alulloohal 'adziima robbal'arsyil 'adziimi ayyu'aafiyaka wa yusyfiyaka.
Artinya: Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, penyakit, kekhawatiran, kesedihan, gangguan, dan bahkan duri yang melukainya, melainkan Allah akan menghapus dosa-dosa kerananya. Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, semoga memberi kesejahteraan kepada mu dan menyembuhkanmu.

3. Doa untuk mengobati orang sakit panas

Jika Anda menemukan ada orang yang sakit panas, Anda bisa membantu mendoakannya agar sakit panas yang diderita dapat sembuh. Doa untuk orang sakit panas memiliki lafal sebagaimana berikut:

Doa untuk mengobati orang sakit panas

Latinnya : Bismillaahil kabiiri na'uudzu billaahil 'adziimi minsyarri 'irqin na'aarin wa min syarri harrin naari.
Artinya : Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.

Doa tersebut dibacakan sambil menengadahkan tangan, lalu lanjut dengan membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Usapkan tangan yang telah didoakan tadi ke wajah anak atau orang yang sakit panas. Insyaalloh panas orang yang sakit akan berangsur-angsur turun.

4. Doa ketika sakit agar diberi kesembuhan

Jika yang sakit adalah diri kita sendiri, maka kita juga dianjurkan untuk berdoa memohon kesembuhan. Doa yang dibacakan sesuai hadist Rosululloh memiliki lafadz bacaan, latin, dan arti sebagaimana berikut:

Doa ketika sakit agar diberi kesembuhan

Latinnya : A’uudzu bi‘izzatillahi, wa qudrotihi, min syarri maa ajidu wa uhaadziru.
Artinya : Aku berlindung dengan keperkasaan Allah, dan kekuasaann-Nya, dari segala keburukan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.

Doa di atas dibacakan sebanyak 7 kali. Sambil memegangi bagian tubuh yang sakit, dan diawali dengan basmalah 3 kali, bacakan doa tersebut untuk kesembuhan Anda. Ikhtiar pengobatan yang Anda lakukan untuk sembuh dari suatu penyakit akan terasa lengkap bila diiringi dengan doa. Oleh karenanya, jangan pernah bosan mengamalkan doa tersebut, dan bila ingin lebih mustajab, lakukanlah sholat hajat 2 rakaat setiap malam (bila mampu) dan panjatkan doa di atas dengan cara yang sama setelahnya.

5. Doa untuk orang sakit parah atau kritis

Ada kalanya seorang yang sudah tua dan sakit parah nampaknya sudah tipis harapannya untuk hidup normal. Kehidupannya hanya didukung oleh peralatan kedokteran canggih sehingga sebagai orang yang melihatnya seperti kita, merasa tidak tega melihat penderitaannya yang berlarut-larut terlalu lama.

Jika Anda ada dalam kondisi seperti ini, berusahalah untuk mengikhlaskannya, berdoalah kepada Alloh dengan lafal doa untuk orang sakit parah berikut ini.

Doa untuk orang sakit parah atau kritis

Latinnya : Allohumma ahyinii maa anatil khyaatu khoiroolii. Watawafanii maa kanat wafaatu khoirolii.
Artinya: Ya Allah hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.

Doa di atas dibacakan sambil mengusap kepala orang yang sakit parah seraya meniupkan 3 kali nafas Anda ke ubun-ubunnya. Biasanya, dari pengalaman kami, orang yang sakit parah bisa segera sembuh bila memang ia masih diberi kesempatan untuk hidup, dan akan segera meninggal (wafat) bila Alloh memang sudah berkehendak untuk memanggilnya.

Nah, demikianlah kumpulan doa untuk orang sakit yang dapat Anda amalkan sebagaimana mestinya. Semoga Alloh selalu menjaga diri kita dari segala marabahahaya dan penyakit. Dan semoga bila ada di antara kita yang sakit, bisa segera diberikan kesembuhan.    Bukankah Alloh tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya. Aamiin Allohumma Aamiin. Salam.

0 Response to "5 Doa Untuk Orang Sakit : Saat Menjenguk, untuk Kesembuhan, Mengobati, dll"