Doa Niat Sholat

Sholat Witir : Manfaat, Keutamaan, Cara, Niat, dan Doa Setelahnya

Dalam ajaran Islam, sholat merupakan ibadah yang paling utama. Tidak berlaku amalan-amalan lain bagi seorang muslim jika sholatnya tidak sempurna. Sholat adalah tiang agama, sehingga untuk mendirikan agama kita, sholat mutlak dan harus ditunaikan sebagai kewajiban dan kebutuhan kita selaku umat muslim.

Sholat Witir

Pada artikel kali ini, kami selaku Administrator Blog Doa Niat Sholat akan membahas salah satu amalan sholat sunah yang mungkin sering Anda dengar, terutama ketika musim bulan Ramadhan tiba. Amalan sholat sunnah tersebut yaitu sholat witir.

Sholat Witir : Manfaat, Keutamaan, Cara, Niat, dan Doa Setelahnya

Sengaja kami membahas tentang sholat sunah ini tak lain karena masih banyak saudara-saudara kaum muslimin yang salah persepsi terkait pelakanaannya. Oleh karena itu, silakan simak pembahasan berikut ini mengenai sholat witir mulai dari niat, cara melaksanakan, serta bacaan doa yang sebaiknya dibaca untuk menambah wawasan fiqih kita semua.

Hukum Menunaikan Sholat Witir

Sholat witir disyariatkan jelas dalam ajaran Islam. Beberapa hadist sahih menggambarkan betapa amalan ini merupakan amalan yang diutamakan. Rasululloh SAW juga mencontohkan pelaksanaan sholat witir ini semasa hidupnya sebagai teladan bagi para umatnya. Adapun salah satu hadist yang menjadi dasar perintah menunaikan sholat witir misalnya sebagai berikut:
Niat Sholat Witir 1 Rakaat Niat Sholat Witir 2 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : “Usholli Sunnatal Witri Rak' ata Lillaahi Ta'aalaa.”
Artinya : “Saya niat sholat witir satu raka'at karena Allah Ta'ala."
Latinnya : “Ushalli Sunnatal Witri Rak' Ataeni  Lillaahi Taa'alaa”
Artinya : “Saya niat sholat witir dua raka'at karena Allah Ta'ala.”
Dari hadist di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa melaksanakan sholat witir adalah sebuah keutamaan bagi umat muslim. Alloh SWT menyukai mereka yang gemar menjadikan sholat witir sebagai sholat penutup malamnya.

Cara Sholat Witir

Sholat witir adalah sholat yang hukumnya sunah muakad atau sunah yang diutamakan. Sholat ini dikerjakan dalam bilangan rakaat yang ganjil. Anda bisa mengerjakan sholat ini sebanyak 1 rakaat, 3 rakaat, atau seterusnya hingga 11 rakaat secara berjamaah atau sendirian. Setiap 2 rakaat, sholat witir diakhiri dengan 1 kali salam, kecuali pada 1 rakaat terakhir.

Untuk memulai sholat witir, Anda perlu membaca niatnya terlebih dahulu. Adapun niat sholat witir untuk 1 rakaat dan 2 rakaat secara berurut-turut adalah sebagai berikut.

Setelah membaca niat tersebut, selanjutnya lakukan gerakan dan bacaan sholat seperti pada umumnya, mulai dari membaca doa iftitah, surat Al-Fatihah, surat pendek, dan seterusnya. Selengkapnya mengenai panduan dan tata cara sholat witir, Anda dapat membacanya di link ini.

Doa Sholat Witir

Setelah rakaat terakhir dari sholat witir selesai dilaksanakan, selanjutnya disunahkan bagi kita untuk membaca doa sholat witir atau doa qunut witir. Lafal bacaan doa sholat witir ini dapat Anda temukan pada artikel berjudul “Doa Sholat Witir (Qunut) arti dan latinnya".

Membaca doa qunut witir adalah sunnah, jika mungkin Anda keberatan menghapal bacaan Arabnya, Anda bisa cukup membaca artinya saja. Jika mungkin keberatan membaca artinya, cukup dengan wirid sebisanya pun sudah cukup. Ibadah datang untuk memudahkan, jadi yang penting laksanakan sholat witir dengan penuh keikhlasan dan semata-mata hanya mengharap ridho-Nya. Insya Alloh segala kemudahan menyertai kehidupan kita dunia dan akhirat.

Waktu Sholat Witir

Sholat witir dilakukan pada jangka waktu setelah Sholat Isya hingga waktu Sahur. Jika hendak melaksanakan sholat tarawih (bulan Ramadhan), sholat tahajud, sholat hajat, sholat istikhoroh, dan sholat sunah lainnya, sholat witir dilaksanakan pada urutan terakhir setelah semua sholat tersebut dikerjakan.

Nah, demikianlah pemaparan sekilas mengenai sholat witir mulai dari hukumnya, cara, bacaan niat, doa, dan waktu pelaksanaannya. Semoga dapat membantu pemahaman kita semua dalam mengkaji ilmu fiqih secara lebih baik. Selamat menunaikan ibadah sholat witir dan semoga segala amalan kita diterima oleh Alloh sehingga kita semua diakui sebagai umat Nabi Muhammad SAW di hari kiamat nanti. Salam.

0 Response to "Sholat Witir : Manfaat, Keutamaan, Cara, Niat, dan Doa Setelahnya"