Doa Niat Sholat

Niat Sholat Tarawih untuk Imam, Makmum, atau Sendirian

Niat Sholat Tarawih - Memasuki bulan ramadan, sebagai muslim, kita dihadapkan dengan beragam pilihan amalan. Amalan yang dilakukan pada bulan ini memiliki banyak keutamaan. Salah satu amalan tersebut misalnya adalah sholat sunnah tarawih. Sholat yang dilakukan pada waktu setelah sholat isya dan sholat subuh ini hanya bisa dilakukan di bulan ramadhan saja. Nah, adapun karena ditunaikan hanya pada 1 bulan dalam 1 tahun, maka banyak di antara kita yang lupa bagaimana bacaan niat sholat tarawih yang benar serta tata cara menunaikan ibadah sunnah ini. Untuk itu, pada kesempatan berikut kami akan membahas tentang hal ini sebagai pengingat untuk kita semua.

Niat Sholat Tarawih

Sholat tarawih dapat dilaksanakan secara sendiri-sendiri atau secara berjamaah. Kendati begitu, tata cara pelaksanaan keduanya tetaplah sama. Sholat ditunaikan dalam 2 rakaat secara berulang-ulang sebanyak 4 kali (8 rakaat) atau 10 kali (20 rakaat), baru kemudian diakhiri dengan sholat witir sebagai sholat penutup malam.

1. Niat sholat tarawih sendirian

Adapun meski tata caranya sama, namun niat yang dibaca tentu harus berbeda. Bila sholat tarawih dilaksanakan sendirian di rumah, maka doa niat yang dibacakan memiliki lafal dan arti sebagaimana berikut.

Niat sholat tarawih sendirian

Latinnya : Ushollii sunnatat-taroowiihi rok'ataini, mustaqbilal qiblati. lillaahi ta'alaa.
Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala.

Setelah membaca niat tersebut, kita langsung takbiratul ihram dan melakukan gerak dan bacaan sholat seperti sholat sunnah pada umumnya.

2. Niat sholat tarawih sebagai imam

Sholat tarawih pada umumnya dilaksanakan secara berjamaah di masjid. Nah, bila Anda bertindak sebagai imam pada jamaah sholat tarawih, maka bacaan niat sholat tarawih yang dibaca adalah sebagai berikut :

Niat sholat tarawih sebagai imam

Latinnya : Ushollii sunnatat-tarwiihi rok'ataini, mustaqbilal qiblati imaaman, lillaahi ta'alaa.
Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at. menghadap kiblat sebagai imam. karena Allah Ta'ala.

3. Niat sholat tarawih sebagai makmum

Sedangkan bila bertindak sebagai makmum, maka lafadz imaman pada niat sholat di atas diganti dengan kata makmuman, sehingga bacaan niat sholat tarawih yang Anda baca menjadi :

Niat sholat tarawih sebagai makmum

Latinnya : Ushollii sunnatat-tarwiihi, rok'ataini mustaqbilal qiblati ma'muuman, lillaahi ta'alaa.
Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at, menghadap kiblat sebagai makmum, karena Allah Ta'ala.

4. Niat sholat tarawih 4 rakaat 1 salam

Kendati umumnya dilaksanakan dengan 2 rakaat dalam 1 salam, ada beberapa pendapat ulama yang membolehkan seseorang untuk menunaikan ibadah sholat tarawih dengan 4 rakaat dalam 1 salam dengan beberapa pertimbangan. Akan tetapi, perkara ini masih menjadi perdebatan di antara para ulama, hingga bahkan dalam pandangan beberapa madzhab dalam islam. madzhab hanbali, hanafi, dan madzhab maliki cenderung membolehkannya meskipun diselingi dengan beberapa pertimbangan.

Adapun bagi Anda yang ingin menunaikan sholat sunnah tarawih dengan cara ini, berikut kami telah cantumkan bacaan niat sholat tarawih 4 rakaat 1 salam beserta latin dan artinya.

Niat sholat tarawih 4 rakaat 1 salam

Latinnya : Ushollii sunnatat-tarwiihi arba’a roka’atim mustaqbilal qiblati lillaahi ta'alaa.
Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih, empat raka'at menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala.

Demikian kumpulan lafadz dan bacaan niat sholat tarawih lengkap dengan arti dan latinnya. Selanjutnya silakan lakukan sholat witir yang niatnya bisa dibaca di Link Berikut. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan dengan baik sehingga ibadah sholat tarawih yang kita lakukan dapat menjadi amalan yang diterima oleh Alloh SWT. Aamiin.

0 Response to "Niat Sholat Tarawih untuk Imam, Makmum, atau Sendirian"