Doa Niat Sholat

2 Doa Kebaikan Dunia Akhirat yang Mustajab dan Sesuai Sunnah

Doa Kebaikan Dunia Akhirat - Saya yakin, tak ada seorang muslim pun di dunia ini yang tak menginginkan dirinya memperoleh kebaikan, baik kebaikan di dunia, maupun kebaikan di akhirat. Hanya saja, dalam mewujudkan keinginan tersebut, ada yang mau berusaha dan ada pula yang berusaha, tapi hanya setengah hati. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kualitas keimanan dan ketakwaan masing-masing.

Orang-orang yang beriman dan bertakwa pasti akan berusaha dengan segala cara agar mendapatkan kebaikan dan keselamatan untuk dirinya dunia dan akhirat, namun orang-orang yang fasik dan munafik hanya akan berharap tanpa mau mengusahakannya.

Doa Kebaikan Dunia Akhirat

Datangnya kebaikan sendiri, bermuara pada keridhoan Alloh atas diri pribadi suatu kaum. Keridhoan tersebut bisa diperoleh satu satunya hanya dengan ikhtiar kita, baik melalui doa maupun usaha. Adapun di artikel kali ini, kami akan memberikan doa yang bisa dipanjatkan sebagai salah satu ikhtiar untuk meminta keridhoan Alloh agar ia dapat memberikan kepada kita keselamatan dan kebaikan dunia, seperti ilmu dan rezeki yang baik, serta kebaikan akhirat yaitu surga.

Ada 2 doa kebaikan dunia dan akhirat yang sesuai dengan sunnah rosul. Kedua doa ini selalu dipanjatkan oleh Rosululloh semasa hidupnya sebagai contoh bagi umatnya, mengingat Rasululloh sendiri sebetulnya sudah dijamin oleh Alloh akan kehidupannya di dunia dan akhirat.

Doa Kebaikan Dunia Akhirat

Doa kebaikan dunia akhirat yang pertama ini adalah doa yang sudah cukup dikenal dengan nama doa sapu jagat. Lafalnya cukup pendek dan banyak muslim yang sudah dapat menghapalnya. Bahkan menurut beberapa riwayat disebutkan bahwa doa inilah yang menjadi doa yang paling sering diucapkan oleh Rosululloh semasa hidupnya.

Selain itu, doa ini juga kerap menjadi bagian dalam doa setelah sholat yang selalu dimunajatkan muslimin dan muslimat seluruh dunia. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini lafal doa kebaikan dan keselamatan dunia dan akhirat tersebut untuk dapat Anda pelajari lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya:

Doa Kebaikan Dunia Akhirat

Latinnya : Robbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar.
Artinya : Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan hidup di dunia, dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksaan api neraka.
Doa Nabi Adam : Doa Taubat
Doa Panjang Umur
Doa Agar Hujan Berhenti

Doa Kebaikan Dunia Akhirat

Selain doa di atas, untuk memohon kebaikan dan keselamatan dunia dan akhirat, Anda juga dapat bermunajat kepada Alloh dengan lafal doa sebagaimana berikut:

Doa Kebaikan Dunia Akhirat
Latinnya : Alloohumma innaa nas-alukal 'afwa wal 'aafiyata fiddiini wad dun-ya wal aakahiroti.
Artinya: Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kebaikan agama, dunia, dan akhirat.

Dua doa di atas memiliki keutamaan yang sama, oleh karenanya Anda diperbolehkan memilih salah satu di antaranya. Yang jelas, bila belum hafal, maka pelajari dan hafalkan doa kebaikan dunia akhirat tersebut sehingga Anda dapat mengamalkannya kapan pun dan dimana pun.

Selain itu, menilik pada makna dan keutamaannya, terlebih karena doa ini termasuk doa pendek, maka akan lebih baik bila anak-anak kita mulai diajarkan doa ini. Melalui pengajaran tersebut, diharapkan akhlak dan perilaku anak dapat terbentuk menjadi pribadi muslim sejati yang bisa menjadi kebanggaan.

Nah, demikianlah bacaan doa kebaikan dunia akhirat beserta latin dan artinya yang bisa saya sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga kita semua dapat tergolong kedalam golongan orang-orang beruntung yang bisa memperoleh kebahagiaan, kesejahteraan, kemuliaan, keselamatan, dan kebaikan dunia dan akhirat. Amiin.

0 Response to "2 Doa Kebaikan Dunia Akhirat yang Mustajab dan Sesuai Sunnah"