Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Doa Setelah Adzan dan Iqomat yang Benar : Arab, Latin, dan Artinya

Doa Setelah Adzan - Pada saat beraktivitas sehari-hari, sering kali kita mendengar suara adzan berkumandang di masjid. Saat mendengar suara panggilan untuk menunaikan sholat tersebut, kebanyakan kita hanya diam, menghentikan aktivitas, atau langsung berangkat menuju masjid terdekat untuk melaksanakan sholat. Padahal ada beberapa amalan sunnah yang dapat kita lakukan sembari mendengarkan adzan.

Salah satu amalan tersebut adalah dengan membaca doa setelah adzan dan iqamah. Nah, bagi Anda yang belum tahu seperti apa lafal dan bacaan doa tersebut beserta artinya, silakan simak pembahasan berikut ini, lengkap dengan sunnah-sunnah lain yang bisa dilakukan saat mendengar adzan dan landasan hadist atau dalil yang melatarbelakanginya. [Baca Juga : Doa Nabi Yunus dalam Perut Ikan]

Doa Setelah Adzan

Baik adzan sholat Isya, Shubuh, Dzuhur, Ashar, maupun Maghrib, kita disunnahkan oleh Rasululloh SAW untuk mengerjakan beberapa amalan. Seperti yang tercantum dalam Hadist Riwayat Bukhari. Salah satu amalan tersebut adalah membaca doa setelah adzan yang lafal, latin, dan artinya sebagaimana berikut:



Latinnya : Allaahumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, 'aaliyatar rofii'ah, wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtah, innaka laa tukhliful mii'aadz. Ya arhamar roohimiin.

Artinya : Ya Allah, Tuhan yang mempunya seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, Karuniailah Nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. Tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai Dzat yang Maha Penyayang.

Sesuai namanya, doa setelah adzan tentu dibacakan setelah adzan. Namun, sambil menunggu adzan berhenti berkumandang, ada amalan lain yang bisa kita lakukan sebagai sunnah. Beberapa amalan tersebut tercantum dalam hadist riwayat Muslim no. 384, HR.Bukhari no. 614, HR. Muslim no. 386, HR. Abu Daud no. 524 sebagaimana berikut:
  1. Pertama, mengucapkan kalimat adzan seperti yang diucapkan oleh muadzain;
  2. kemudian melafalkan sholawat Nabi dengan lafal : Allahumma sholli ‘ala Muhammad,
  3. membaca kalimat tauhid : Asyhadu allaa ilaaha illallah, wahdahu laa syarikalah wa anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuluuh. Rodhitu billahi robbaa, wa bi muhammadin rosulaa, wa bil islami diinaa.
  4. Membaca doa setelah adzan yang lafalnya telah kami sajikan di atas,
  5. Serta membaca doa yang menjadi keinginan kita, mengingat waktu setelah adzan adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Doa Setelah Iqomat

Selain ada doa setelah adzan, ada pula rupanya doa setelah iqomat yang menjadi sunnah untuk kita baca. Doa ini merupakan doa yang paling banyak tidak diketahui kebanyakan muslim. Oleh karena itu, setelah Anda kini mengetahuinya, silakan amalkan ketika selesai mendengar iqomah dan beranjak menunaikan sholat fardlu. Berikut ini lafal doa setelah iqomat tersebut beserta latin dan artinya :



Latinnya : Aqoomahalloohu wa-ad aamahaa maadaa matis samaawaatu wal-ardl.
Artinya : Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.

Nah, demikianlah lafal doa setelah adzan dan doa setelah iqomat beserta artinya. Setelah mengetahui doa-doa, dan sunah saat mendengar adzan tersebut mari kita mengamalkan semuanya. Mulai sekarang, hormatilah adzan. Berhentilah beraktivitas dan ikuti sunah yang ada sehingga ketika nyawa kita dicabut, lidah kita tidak kelu sehingga bisa tetap istiqomah, menyebut nama Alloh dan mati dalam keadaan khusnul khotimah. Amiin.

0 Response to "Doa Setelah Adzan dan Iqomat yang Benar : Arab, Latin, dan Artinya"