Doa Niat Sholat

Doa Untuk Pengantin Baru yang Sesuai Sunnah Rosululloh

Doa Untuk Pengantin - Nabi Muhammad SAW pernah berkata bahwa jika kita diundang oleh seseorang untuk hadir dalam resepsi walimah, maka kita harus berangkat memenuhi undangan tersebut. Untuk itu, bila ada kerabat, teman, atau tetangga yang melaksanakan pernikahan, kemudian mereka mengundang kita, maka bila tidak ada halangan berusahalah untuk datang. Jadilah saksi pernikahan bagi mereka dan berikan doa kepada mereka agar pernikahan mereka diberkahi Alloh.

Doa Untuk Pengantin

Adapun kebanyakan kita saat ini, ketika menghadiri undangan pernikahan biasanya hanya datang, menikmati sajian, memberi sumbangan, dan mengucapkan selamat kepada mempelai pria dan wanita sembari menjabat tangan keduanya. Padahal, islam telah mengatur bagi kita bagaimana tata cara dan sunnah yang sebaiknya kita lakukan dalam menghadiri undangan. Salah satu sunnah tersebut adalah membacakan doa untuk pengantin yang lafalnya adalah sebagai berikut :

Doa Untuk Pengantin

Latinnya : Barokallohulaka wabaaroka alaika wajama’abainakuma fii khoiro.
Artinya : Semoga Allah memberkahimu di kala bahagia, dan memberkahimu di kala susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam suatu kebaikan.

Doa untuk pengantin baru tersebut dapat dibacakan sebagai ucapan selamat ketika Anda menyalami mempelai, atau dibacakan di dalam hati saja.
Doa untuk Orang Tua
Doa untuk Orang Sakit
Doa untuk Bayi Baru Lahir

Doa untuk Pengantin Baru

Doa di atas adalah doa yang sesuai sunnah rasululloh karena hadist yang meriwayatkannya adalah hadist sahih. Oleh karenanya, sebaik-baiknya gunakanlah doa tersebut untuk mendoakan pengantin baru. Bukan doa yang lain.

Selama ini, tak sedikit orang yang mendoakan pengantin dengan doa agar mereka cepat punya anak atau dikaruniai banyak anak. Padahal, selain tidak ada sunnahnya, doa tersebut bisa jadi juga merupakan doa yang buruk. Hal ini karena, dalam pernikahan, banyak anak bukan selamanya menjadi suatu kebaikan. Sebagai contoh, adalah kisah nabi Ya'qub bin Ishak bin Ibrahim yang ternyata dikaruniai banyak anak, tapi justru beliau mendapat keburukan karena hanya satu anaknya saja yang baik dan sholeh, sementara anak-anaknya yang lain malah bersifat jahat.

Doa untuk Pengantin Baru

Sunnah dalam Menghadiri Undangan Pernikahan

Selain membacakan doa untuk pengantin supaya keduanya dapat diberkahi dalam kebaikan, Islam juga mengatur bagaimana tabiat dan sunnah yang bisa dilakukan ketika menghadiri undangan pernikahan. Berikut ini beberapa aturan tersebut:
  1. Usahakan untuk hadir dalam upacara pernikahan (walimah) bila kita diundang. Sesibuk apapun, sempatkanlah memenuhi undangan tersebut sebagai wujud penghormatan kepada si pengundang.
  2. Gunakan pakaian yang rapi, bersih, dan sopan. Jangan gunakan pakaian yang bisa menimbulkan maksiat atau mengundang syahwat, terutama bagi para perempuan. Dalam acara walimah, ada banyak orang yang hadir sehingga tutuplah aurat Anda agar tidak menjadi dosa bagi diri Anda kelak.
  3. Berhiaslah secara sederhana. Jangan gunakan perhiasan secara berlebihan karena bisa memancing fitnah sekaligus dapat membuat Anda takabur. Begitupun dengan riasan, gunakanlah sebagaimana mestinya.
  4. Jaga pandangan dari segala keburukan terlebih biasanya di Indonesia, pada pesta pernikahan sering kali disajikan hiburan-hiburan yang penuh maksiat.
  5. Makanlah hidangan yang ada karena rosululloh mengajarkannya. Jika Anda berpuasa, tetaplah datang dan doakan mempelai dengan doa untuk pengantin baru yang lafalnya telah kami cantumkan di atas.
  6. Salamilah mempelai dan ucapkan selamat kepadanya dan sampaikanlah harapan Anda. Bila mempelai bukan mukhrim, maka salamilah dengan tanpa bersentuhan tangan.

Nah, demikianlah doa untuk pengantin baru beserta latin dan artinya yang sesuai sunnah dalam ajaran Islam. Semoga dapat diamalkan dengan ikhlas sehingga dapat membawa kebaikan bagi pasangan pengantin. Salam.

0 Response to "Doa Untuk Pengantin Baru yang Sesuai Sunnah Rosululloh"