Doa Niat Sholat

5 Doa Mohon Kesembuhan untuk Segala Penyakit (Mustajab!)

Doa Mohon Kesembuhan - Kita tidak selamanya sehat, ada kalanya ke depan karena aktivitas dan kondisi fisik yang melemah, kita jatuh sakit. Saat sakit, semuanya tentu terasa tidak enak. Pada saat itulah kita baru menyadari keindahan nikmat sehat itu. Adapun berdasarkan hadist Rasululloh dinyatakan bahwa tidak ada seorang yang sakit kecuali Alloh menghapuskan sebagian dosa-dosanya. Untuk itu, ketika sakit sebaiknya kita tidak menggerutu atau memaki kesakitan kita. berdoalah kepada Alloh supaya dapat segera diberikan kesembuhan.

Di artikel kali ini, kami akan mengulas beberapa doa mohon kesembuhan yang tentu dapat Anda amalkan ketika sakit. Tidak terbatas pada itu, kami juga akan membahas doa-doa kesembuhan lainnya, baik untuk orang tua yang sakit, anak, atau orang lain ketika kita berkunjung untuk menjenguknya.

Doa Mohon Kesembuhan

Ada banyak doa yang bisa dilafalkan untuk memohon kesembuhan atas segala macam penyakit yang pernah dibacakan Rasululloh. Salah satunya, bila kita sakit maka doa yang bisa diamalkan adalah doa berikut ini.

Doa Mohon Kesembuhan

Latinnya : Allahuma robbannas, adz-hibil ba’sa-isyfi antasy-syafi, laa syifa’a illa-syifa’uka, syifa’an laa-yughadiru saqoman.
Artinya : Ya Allah, Tuhan seluruh manusia. Kumohon hilangkanlah rasa sakit ini. sembuhkanlah karena Engkaulah Dzat Yang Maha Penyembuh. Tiada kesembuhan yang sejati, kecuali kesembuhan yang Engkau datangkan. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit dan komplikasi penyakit lainnya.

Bacalah doa di atas dengan tulus ikhlas sembari berserah diri kepada Alloh. Insya Alloh apapun penyakit yang Anda derita akan berangsur-angsur pulih seizin-Nya. Amiin.
Baca Juga : Doa Menjenguk Orang Sakit

Doa Mohon Kesembuhan dari Penyakit

Ada kalanya, ketika kita sakit muncul rasa ketakutan dalam diri kita bila seandainya sakit yang diderita ternyata bertambah parah. Ketakutan tersebut tentu merupakan hal yang manusiawi. Namun, akan lebih baik bila Anda menyandarkan semua ketakutan tersebut kepada Alloh semata. Setelah membaca doa mohon kesembuhan di atas, bacalah juga doa berikut ini.

Doa Mohon Kesembuhan dari Penyakit

Latinnya : A'uudzu bi-'izzatillahi wa qudrotihi, min-syarri maa-ajidu, wa uhaadziru.
Artinya : Aku berlindung pada keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya dari semua keburukan yang aku rasa dan yang aku khawatirkan.

Doa Mohon Kesembuhan Anak

Salah satu yang menjadi kekhawatiran seorang orang tua adalah ketika melihat anaknya sakit. Ketidaktegaan melihat buah hatinya menderita bahkan kerap membuat mereka berharap agar rasa sakit yang dialami anaknya agar digantikan saja kepadanya. Namun, hal tersebut tentu tidak baik. Alangkah lebih baiknya bila Anda mengamalkan doa mohon kesembuhan anak yang lafalnya sebagai berikut:

Doa Mohon Kesembuhan Anak

Latinnya : Bismillaahil-kabiiri na'uudzu billaahil-'adziimi, minsyarri 'irqin na'aarin, wa min-syarri harrin-naar.
Artinya : Dengan nama Allah yang Maha Besar, kami berlindung kepada Allah Yang Maha Tinggi dari segala kejahatan urat yang berdarah dan kejahatan panasnya api yang menyala (neraka).

Pada riwayatnya, doa di atas digunakan Rasululloh untuk menyembuhkan seorang bayi atau anak yang sakit panas. Kendati begitu, kita juga dapat mengamalkannya sebagai doa mohon kesembuhan dari segala penyakit.

Doa Mohon Kesembuhan untuk Orang Tua

Pada saatnya nanti, kita juga akan melihat orang tua kita sakit. Saat mereka sakit, berikanlah pelayanan sebaik mungkin sebagai bentuk balas jasa Anda mengingat saat kecil dulu Anda juga dirawat dengan sedemikian baik saat sakit. Akan tetapi, bila sakit yang diderita orang tua Anda sudah begitu parah dengan segala macam komplikasi, sehingga dokter sudah menyerah, maka bacalah doa berikut ini.

Doa Mohon Kesembuhan untuk Orang Tua

Latinnya : Allohumma ahyinii maa anatil khyaatu khoiroolii. Watawafanii maa kanat wafaatu khoirolii.
Artinya : Ya Allah, panjangkan usiaku jika hidup itu lebih baik untuknya, dan matikanlah aku jika kematian itu lebih baik untuknya.

Doa di atas sebaiknya hanya dibacakan ketika orang tua Anda sakit parah. Biasanya, setelah dibacakan doa, mereka dapat segera sembuh bila masih diberi umur, atau akan meninggal bila Alloh sudah menghendakinya.

Doa Mohon Kesembuhan untuk Orang Lain

Adapun jika Anda berkunjung atau menengok orang lain yang sakit, Anda juga bisa mengamalkan doa mohon kesembuhan untuk orang tersebut. Jadi jangan hanya membawakan makanan atau bingkisan, karena justru doa Anda lah yang lebih dibutuhkannya sebagai support mental menghadapi sakit yang dideritanya. Berikut ini lafal doa tersebut.

Doa Mohon Kesembuhan untuk Orang Lain

Latinnya : As-alulloohal 'adziima robbal'arsyil 'adziimi ayyu-'aafiyaka wa-yusyfiyaka.
Artinya : Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung. Pemilik Arsy yang Maha Agung supaya Dia memberimu kesejahteraan dan menyembuhkan mu.

Nah, demikianlah kumpulan yang berhasil kami rangkum tentang doa mohon kesembuhan segala penyakit dan manfaat-manfaatnya. Semoga bisa diamalkan dan diajarkan kepada yang lain sehingga dapat menjadi sebuah kebaikan untuk semua. Semoga lekas sembuh. Salam.

0 Response to "5 Doa Mohon Kesembuhan untuk Segala Penyakit (Mustajab!)"