Doa Niat Sholat

Niat Shalat Dzuhur sebagai Imam, Makmum, dan Sendirian

Niat Shalat Dzuhur – Sholat wajib ada 5 waktu, mulai dari Subuh di kala fajar, dzuhur dan ashar di kala siang, serta maghrib dan isya di kala malam. Nah, bila di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang bacaan niat sholat subuh, di artikel kali ini kita akan melanjutkan bahasan yaitu tentang niat sholat dzuhur.

Sholat dzuhur adalah sholat fardlu yang dilaksanakan pada waktu setelah matahari tepat berada di atas kepala sampai tergelincirnya, atau antara pukul 12.00 sd 15.00. Sholat dzuhur terdiri atas 4 rakaat dengan 2 duduk tasyahhud. Bacaan masing-masing rakaat pada sholat ini dibaca dengan memelankan suara.

Niat Shalat Dzuhur

Sholat dzuhur dapat dilakukan secara berjamaah maupun secara sendirian. Adapun akan lebih utama bila kita melaksanakannya secara berjamaah, karena disisi Alloh sholat berjamaah memiliki derajat 27 kali lebih tinggi dibanding sholat sendirian. Untuk niat sholat dzuhur berjamaah sendiri memiliki sedikit perbedaan. Selengkapnya tentang lafadz niat sholat tersebut beserta tata cara pelaksanaanya akan kami bahas lengkap berikut ini.

1. Niat sholat dzuhur sebagai makmum

Bila kita melaksanakan sholat dzuhur secara berjamaah dan kita bertindak sebagai makmum, maka niat yang kita baca memiliki lafal, latin, dan arti sebagaimana berikut:

Niat sholat dzuhur sebagai makmum

Latinnya : Ushollii fardhosh dhuhri arba'a raka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an ma'muuman lillaahi ta'aala.
Artinya : Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala.

2. Niat sholat dzuhur sebagai imam

Sementara bila dalam sholat dzuhur berjamaah, kita ditunjuk sebagai imam, maka lafadz “makmuman” pada niat sholat dzuhur di atas diganti dengan lafadz “imaman”, sehingga bacaannya menjadi seperti berikut:

Niat sholat dzuhur sebagai imam

Latinnya : Ushollii fardhosh dhuhri arba'a raka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an ma'muuman lillaahi ta'aala.
Artinya : Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala.

3. Niat sholat dzuhur sendirian

Melaksanakan sholat dzuhur sendirian juga diperbolehkan. Bila memang kita memiliki kendala untuk berjamaah, maka melaksanakan sholat sendirian juga baik daripada mereka yang tidak melaksanakan sholat sama sekali. Adapun bacaan niat sholat dzuhur sendirian memiliki bacaan sebagaimana berikut:

Niat sholat dzuhur sendirian

Latinnya : Ushollii fardhosh dhuhri arba'a raka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Artinya : Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

Setelah membaca niat sholat dzuhur di atas, kita dapat langsung takbiratul ihram dan membaca doa iftitah. Tata cara selanjutnya sama dengan cara melaksanakan sholat pada umumnya.

Sholat Jamak dan Qashar

Apabila sedang dalam perjalanan atau karena suatu hal, sholat fardlu dapat dilaksanakan pada waktu ashar lewat jamak takhir. Selain itu, sholat juga dapat dipersingkat hanya menjadi 2 rakaat dengan qashar. Niat-niat sholat jamak dan qashar untuk sholat dzuhur telah kami bahas pada artikel khusus di link ini.
Niat Sholat Isya
Niat Sholat Subuh
Niat Sholat Ashar
Niat Sholat Maghrib
Nah, demikianlah pemaparan tentang lafal dan bacaan niat sholat dzuhur lengkap untuk berjamaah sebagai makmum atau imam, serta untuk sholat sendirian. Semoga bisa membantu dan semoga amal ibadah kita sepenuhnya dapat diterima di sisi Alloh SWT. Aamiin. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas bacaan niat sholat wajib selanjutnya, yaitu niat sholat ashar.

0 Response to "Niat Shalat Dzuhur sebagai Imam, Makmum, dan Sendirian"