Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

3 Doa Setelah Wudhu yang Benar : Dalil, Arab, Latin, dan Artinya

Doa Setelah Wudhu - Wudhu adalah serangkaian tahapan yang dilakukan setiap muslim untuk membersihkan dirinya dari hadast kecil ketika hendak melaksanakan sholat. Tahapan wudhu diawali dengan membaca bismilah dan niat wudhu dan diakhiri dengan mencuci kaki hingga mata kaki. Adapun setelah selesai melaksanakan wudhu, umat muslim juga disunnahkan untuk membaca doa khusus yang disebut doa sesudah wudhu. Nah, di artikel kali ini kami akan membagikan bagaimana lafal dan bacaan doa setelah wudhu tersebut yang sahih dan benar sesuai dengan tuntunan Rasululloh, lengkap dengan latin dan artinya. Silakan disimak!

Doa Sesudah Wudhu

Ada 3 versi doa setelah wudhu yang dicontohkan rasululloh dan dapat kita amalkan setiap selesai wudhu. Ketiga versi doa ini memiliki landasan dalil yang kuat dan sahih sehingga tidak perlu diragukan lagi nilainya.

Doa Setelah Wudhu

1. Doa Setelah Wudhu Versi 1

Doa yang pertama berasal dari riwayat Umar bin Khathab RA. Beliau pernah mendengar Rasululloh bersabda bahwa “tidaklah salah satu di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucap, ‘Asyhadu an-laa-ilaaha-illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh’, kecuali Allah akan membukakan untuknya 8 pintu langit yang bisa dimasukinya dari pintu mana saja.” (HR. Muslim no. 234; At-Tirmidzi no. 55; An-Nasa’i 1/95; Abu Dawud no. 169; dan Ibnu Majah no. 470.)

Dari hadist tersebut, maka kita memperoleh keterangan bahwa doa setelah wudhu yang pertama memiliki lafal bacaan arab, latin, dan arti sebagaimana berikut:

Doa Setelah Wudhu yang Benar

Latinnya : Asyhadu an laa ilaaha illallah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh.
Artinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.

2. Doa Setelah Wudhu Versi 2

Doa setelah wudhu selanjutnya sama dengan doa pertama, hanya saja berdasarkan riwayat yang diberikan oleh Imam At-Tirmidzi, doa pertama dilengkapi dengan bacaan ‘Alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriina’, sehingga lafal bacaannya menjadi sebagaimana berikut:

Doa Setelah Wudhu yang Shahih

Latinnya : Asyhadu an laa ilaaha illallah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh. Alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriina.
Artinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang rajin bertaubat dan menyucikan diri.

3. Doa Setelah Wudhu Versi 3

Doa setelah wudhu lain yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW berasal dari riwayat Abu Sa’id Al-Khudhri RA. Beliau mendengar bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu kemudian setelah berwudhu mengucapkan doa, ’Subhaanaka allahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika’ maka akan ditulis di lembaran putih, lalu distempel dan tidak pernah akan hancur sampai hari kiamat.” (HR. An-Nasa’I No. 30)

Berdasarkan riwayat pada hadist tersebut, maka kita juga menemukan adanya doa setelah wudhu versi lainnya. Adapun bacaan doa setelah wudhu tersebut lengkap dengan latin dan artinya adalah sebagai berikut:

Bacaan Doa Setelah Wudhu sesuai Sunnah

Latinnya : Subhaanaka allahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.
Artinya : Maha suci Engkau ya Allah, segala puji untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Nah, demikianlah kumpulan doa setelah wudhu yang benar dan sahih sehingga dapat diamalkan tanpa keraguan karena sesuai dengan tuntunan ajaran rasululloh. Silakan pilih salah satu yang paling mudah untuk bisa Anda hapalkan, dan selalu amalkan setiap selesai wudhu agar wudhu yang Anda lakukan lebih sempurna dan memperoleh keutamaan. Semoga bermanfaat!

0 Response to "3 Doa Setelah Wudhu yang Benar : Dalil, Arab, Latin, dan Artinya"