Doa Niat Sholat

Doa Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi (WC)

Di artikel kali ini, kami akan membahas tentang doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi atau WC. Pembahasan pada artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang doa masuk masjid.

Ada hadist yang menyatakan bahwa WC atau kamar mandi adalah tempat yang disukai para jin dan syetan. Oleh karena itu, dalam islam, ada tuntunan yang sebaiknya diamalkan seorang muslim sebagai adab menggunakan WC dan untuk menghindari adanya keburukan-keburukan yang muncul dari godaan-godaan jin WC kepada diri kita. Salah satu amalan tersebut adalah melafalkan doa masuk kamar mandi dan doa ketika keluar kamar mandi.

Doa Masuk Kamar Mandi

Lafal doa masuk kamar mandi termasuk doa yang pendek, sehingga biasanya sudah diajarkan untuk anak-anak usia sekolah dasar. Adapun bagi Anda yang belum tahu atau belum hapal doa ini, berikut lafalnya untuk dapat Anda amalkan beserta latin dan artinya.

Doa Masuk Kamar Mandi

Latinnya : Allahumma innii a'uudzu bika minal khubutsi wal khobaaitsi.
Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan.

Doa tersebut adalah wujud permohonan kita kepada Alloh agar dilindungi dari semua godaan syetan yang ada di dalam kamar mandi. Bacakan doa tersebut supaya tidak terjadi hal buruk pada Anda ketika berada dalam WC.
Doa Masuk dan Keluar Masjid
Doa Naik Kendaraan
Doa Talak Bala

Doa Keluar Kamar Mandi

Sama halnya ketika hendak masuk, ketika kita keluar dari kamar mandi, kita juga disarankan untuk membaca doa. Adapun doa keluar kamar mandi yang sesuai sunnah memiliki lafal sebagaimana berikut:

Doa Keluar Kamar Mandi

Latinnya : Alhamdulillahil ladzii adzhaba annil adza wa 'aafanii.
Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan (kotoran) penyakit dan telah membuatku sehat.

Adab Keluar dan Masuk Kamar Mandi

Selain dengan melafalkan doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi, ada beberapa adab yang sebaiknya kita patuhi saat menggunakan WC.
  1. Mendahulukan kaki kiri saat akan masuk ke dalam kamar mandi seraya membaca doa masuk kamar mandi yang lafalnya telah disampaikan di atas.
  2. Sangat dianjurkan menggunakan alas kaki dan tutup kepala ketika berada di dalam kamar mandi.
  3. Jangan berbicara tentang apapun ketika sedang ada di dalam kamar mandi.
  4. Tidak diperkenankan menghadap atau membelakangi arah kiblat saat buang air besar dan buang air kecil.
  5. Disunahkan dehem 3 kali saat selesai buang air kecil supaya kotoran dapat keluar semua.
  6. Jangan menjawab salam, membawa atau membaca lafadz Alloh (Al-Quran) dan hadist Nabi saat berada dalam WC. Termasuk membuka aplikasi Qur’an yang ada di handphone Anda.
  7. Tidak boleh makan dan minum di dalam WC dan jangan berlama-lama berada di dalam kamar mandi.
  8. Berhati-hatilah akan percikan najis dari kotoran Anda dan bersihkan semua najis yang mungkin menempel di badan.
  9. Keluarlah dari WC setelah selesai dengan mendahulukan kaki kanan dan membaca doa keluar kamar mandi yang lafalnya telah kami sampaikan di atas.

Nah, demikianlah penjelasan singkat kami tentang adab-adab masuk WC, beserta doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi. Semoga penyampaian kami ini bermanfaat dan dapat diamalkan sebagai suatu sunnah yang baik. Ajarkan adab dan doa-doa tersebut kepada anak Anda supaya mereka dapat mempelajari sunnah sejak kecil dan dapat mengamalkannya sedini mungkin. Salam.

0 Response to "Doa Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi (WC)"