Doa Niat Sholat

3 Doa Untuk Bayi Baru Lahir : Saat Mengadzani, Menengok, dan Mohon Perlindungan

Lahirnya seorang bayi ke dunia tentu akan membawa kebahagiaan, terutama bagi bapak dan ibu yang melahirkannya dengan selamat. Tak cukup bahagia, sebuah keluarga pastinya mengharapkan adanya kebaikan bagi si bayi yang baru lahir sehingga ia dapat menjadi anak yang sholeh dan membawa keberkahan. Doa-doa dan pengharapan dipanjatkan menyertai tangisan pertama si bayi. Lalu bagaimana sebetulnya doa untuk bayi baru lahir yang shoheh sesuai dengan tuntunan rosululloh. Berikut di artikel kali ini kita akan membahasnya bersama.

Doa untuk Bayi Baru Lahir

Beberapa hadist meriwayatkan tentang kejadian-kejadian ketika rosululloh menghadapi seorang bayi baru lahir yang dibawa kaum muslimin kepadanya untuk meminta diberkati. Rosululloh kala itu mendoakan si bayi dengan beberapa macam doa. Nah, kami mengkatagorikan doa-doa tersebut ke dalam 3 golongan doa berikut ini.

1. Doa Setelah Mengadzani Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir sunnah hukumnya untuk dikumandangkan suara adzan di telinga kanan dan suara iqamat di telinga kirinya oleh si bapak atau wali laki-lakinya. Setelah itu, rasululloh juga mengajarkan agar bayi tersebut ditahnik. Yang dimaksud dengan tahnik adalah mengunyah kurma hingga lumat dan menyuapkannya pada si bayi. Setelah itu, si bayi diberi ucapan doa untuk bayi baru lahir yang pada intinya bermakna “semoga Alloh memberkatimu” atau dalam bahasa Arabnya “Baarakallahu fiik”.
Doa Mohon Panjang Umur
Doa Sebelum dan Sesudah Makan
Doa Sebelum Belajar

2. Doa Mohon Perlindungan untuk Bayi yang Baru Lahir

Setelah diberikan ucapan doa untuk bayi baru lahir, selanjutnya orang tua juga dapat membaca doa mohon perlindungan agar si bayi dapat terhindar dari segala marabahaya, termasuk gangguan atau godaan dari syetan yang terkutuk.

Dalam hali ini, ada 2 doa yang dapat dibacakan. Masing-masing memiliki lafal dan arti sebagaimana berikut:

Doa Untuk Bayi Baru Lahir

Latinnya : Allohumma inni a’iidzahu bika wadzar-roy-yatahu minasy-syaothoonir-roziim.
Artinya : Ya Allah, aku mohon perlindungan kepada-Mu untuk bayi ini dan untuk keturunannya, dari godaan setan yang terkutuk.

Doa Untuk Bayi Baru Lahir

Latinnya : U'iidzuka bikalimaatillaahit-taam-maati mingkulli syaithooni, wa haam-matiw, wa mingkulli 'ainil laammah.
Artinya : Aku mohon perlindungan untuk mu wahai bayi yang baru lahir, dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan syetan, binatang-binatang berbisa, dan dari kejahatan yang menakutkan.

Anda boleh memilih salah satu dari 2 doa di atas, hanya saja doa yang kedua memiliki harapan yang lebih lengkap, jadi saya sarankan Anda dapat memilih doa yang nomor 2 saja.

3. Doa saat Menengok Bayi Baru Lahir

Doa dan harapan agar bayi yang baru lahir bisa mendapat keberkahan, bukan hanya bisa dipanjatkan oleh kedua orang tuanya yang tengah berbahagia. Sanak saudara, tetangga, teman, dan kerabat, bahkan semua orang bisa mendoakan untuk kebaikan si bayi nantinya. Adapun bila kelak Anda mengengok kerabat yang baru saja melahirkan, bacalah doa saat mengengok bayi baru lahir yang sesuai sunnah sebagaimana berikut:

Doa Untuk Bayi Baru Lahir

Latinnya : Ja’alallahu mubaarokan ‘alaika, wa ‘ala ummati Muhammad.
Artinya : Semoga Allah menjadikan dia sebagai anak yang diberkahi untukmu dan untuk umat Muhammad SAW.

Selain doa di atas, ada juga riwayat yang menyebutkan doa lainnya yang dapat digunakan sebagai doa untuk bayi baru lahir. Lafal doa tersebut beserta bahasa Arab, latin, dan artinya adalah sebagaimana berikut:

Doa Untuk Bayi Baru Lahir

Latinnya : Baarokallohu laka fil mauhuubi laka, wa sayakartal Waahib, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu’.
Artinya : Semoga Allah memberkahimu dengan anak yang dikaruniakan kepadamu. Kamu pun bersyukur kepada Sang Pemberi, sehingga dia dapat tumbuh dewasa, dan kamu dapat dikaruniai kebaikannya.

Bacalah doa di atas sebagai salah satu sunnah bagi kita dan sebagai pengharapan agar bayi yang baru dilahirkan kelak dapat membawa kebaikan bagi agamanya.

Nah, demikianlah kumpulan doa untuk bayi baru lahir yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan semoga setiap bayi yang terlahir ke muka bumi ini dapat menjadi anak yang sholeh kelak di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

0 Response to "3 Doa Untuk Bayi Baru Lahir : Saat Mengadzani, Menengok, dan Mohon Perlindungan"