Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara, dan Doa Keselamatan

Doa Naik Kendaraan - Rasululloh mengajarkan kepada kita agar senantiasa dapat selalu berdzikir mengingat Alloh di setiap kesempatan. Ketika hendak bepergian misalnya, kita juga diajarkan untuk selalu berdoa memohon kepada Alloh supaya diberi keselamatan saat naik kendaraan.

Doa Naik Kendaraan

Naik kendaraan bisa dalam bentuk apa saja, bisa kendaraan darat seperti mobil, motor, kereta, atau kuda; kendaraan laut seperti kapal laut dan perahu; serta kendaraan udara seperti pesawat terbang. Nah, lafal doa yang dipanjatkan ketika naik kendaraan-kendaraan tersebut akan kami bahas satu persatu di artikel kali ini. bagi Anda yang ingin mengajarkan doa naik kendaraan kepada anak Anda, silakan simak lafal bacaan arab, latin, dan artinya berikut.

1. Doa Naik Kendaraan Darat

Yang pertama adalah doa naik kendaraan darat. Jika Anda hendak naik mobil, motor, sepeda, kereta, atau tunggangan berupa hewan, hendaknya Anda membaca doa berikut ini sebagai wujud rasa syukur atas kenikmatan yang diberikannya melalui tunggangan dan kendaraan yang telah ditundukan-Nya untuk Anda. Berikut ini lafal doa tersebut.

Doa Naik Kendaraan Darat

Latinnya : Subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa, wa maa kun-naa lahuu muqriniina, wa in-naa ilaa rob-binaa lamunqolibuun.
Artinya : Maha suci Allah yang telah menundukan kendaraan ini untuk kami, dan tiada kami akan mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada-Nya.
Doa Mau Makan
Doa Mau Tidur
Doa Sebelum Belajar

2. Doa Naik Kendaraan Laut

Sementaara bila Anda hendak naik kendaraan laut, seperti perahu, kapal laut, tongkang, dan lain sebagainya, berdoalah agar kendaraan tersebut dapat memulai perjalanan (berlayar) dan dapat sampai (berlabuh) dengan selamat. Berikut ini lafal doa naik kendaraan laut yang dapat Anda amalkan.

Doa Naik Kendaraan Laut

Latinnya : Bismillaahi maj-rohaa, wa mursaahaa. Inna robbii laghofuurur-rohiim.
Artinya : Dengan nama Allah yang telah menjalankan kendaraan ini sehingga dapat berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhan kami Maha Pemaaf dan Maha Pengasih.

3. Doa Naik Kendaraan Udara

Saat ini kita sudah mendapat perkembangan teknologi yang cukup maju. Kita sudah bisa menaiki kendaraan udara seperti pesawat terbang untuk menuju suatu tempat. Sementara itu, di zaman Rasululloh hidup dulu, kendaraan seperti ini tidak ada, sehingga doa naik kendaraan udara pun jelas tidak ada. Kendati demikian, sebagian ulama berpendapat bahwa ketika naik kendaraan udara, hendaknya kita dapat membaca lafal doa sebagaimana doa naik kendaraan laut, namun diniatkan secara berbeda. Lafal doa tersebut adalah sebagai berikut:

Doa Naik Kendaraan Udara

Latinnya : Bismillaahi maj-rohaa, wa mursaahaa. Inna robbii laghofuurur-rohiim.
Artinya : Dengan nama Allah yang telah menjalankan kendaraan ini sehingga dapat lepas landas dan mendarat. Sesungguhnya Tuhan kami Maha Pemaaf dan Maha Pengasih.

4. Doa Mohon Keselamatan Ketika Naik Kendaraan

Dalam perjalanan saat naik kendaraan, kita tentu tidak akan tahu bagaimana sesuatu akan terjadi pada beberapa waktu ke depan. Kita tentu sering mendengar adanya kecelakaan lalu lintas atau pesawat terbang. Agar kita terhindar dari keburukan-keburukan tersebut, berdoalah kepada Alloh supaya dapat diberikan perlindungan dan keselamatan, terutama bagi Anda yang sedang dalam perjalanan jauh. Berikut ini lafal doa mohon keselamatan ketika naik kendaraan yang dapat Anda amalkan.

Doa Mohon Keselamatan Ketika Naik Kendaraan

Latinnya : Alloohumma innii a'uudzubika min jahdil balaa-i, darqisy syaqoo-i, wa suu-il qodoo-i, wa syamaatatil a'daa-i.
Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan bala (musibah), menemui kesengsaraan, qadla yang buruk, dan merasa senangnya musuh.

Nah, demikianlah kumpulan doa naik kendaraan yang dapat Anda amalkan ketika berada dalam perjalanan jauh. Semoga bisa diamalkan sehingga dapat menjadi sebuah amal yang baik. Jangan lupa ajarkan doa-doa tersebut kepada anak-anak Anda sehingga mereka dapat belajar sedari kecil tentang bagaimana menjadi seorang muslim yang baik. Salam.

0 Response to "Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara, dan Doa Keselamatan"