Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

5 Doa Tidur : Doa Mau Tidur, Doa Bangun Tidur, Doa Mimpi Baik dan Buruk

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada kita untuk senantiasa dapat berdzikir dan mengingat Alloh di setiap kesempatan. Setiap kali hendak melaksanakan sesuatu, kita disarankan untuk membaca doa-doa dan menyebut nama Alloh agar apa yang kita lakukan mendapat perlindungan darinya. Termasuk ketikah hendak tidur maupun setelah bangun tidur, kita juga sebaiknya membaca doa. Nah, di kesempatan artikel kali ini, kami akan membahas tentang lafal doa mau tidur, lafal doa bangun tidur, dan doa ketika mendapat mimpi baik dan buruk.

1. Doa Mau Tidur

Tidur adalah hal tubuh kita. jangan begadang bila tidak ada perlunya. Dengan begadang, kita secara tidak langsung telah mendzolimi tubuh kita sendiri. Tidurlah secara teratur dan bangunlah bila fajar menjelang. Untuk menghindari keburukan-keburukan yang mungkin dapat terjadi saat kita tidur, hendaknya kita membaca doa mau tidur supaya dapat dilindungi berkat kekuasaannya. Berikut ini lafal doa mau tidur beserta latin dan artinya yang dapat Anda amalkan.

Doa Mau Tidur

Latinnya : Bismikal loohumma ahyaa wa amuutu
Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati.
Doa Sebelum Belajar
Doa Mau Makan
Doa Setelah Wudhu

2. Doa Ketika Mimpi Baik

Dalam tidur kita, mimpi menjadi bagian yang pasti tidak akan pernah terpisahkan. Mimpi sendiri hingga kini masih menjadi misteri. Adapun ketika kita bermimpi tentang hal baik, maka dianjurkan untuk kita membaca doa sebagai wujud rasa syukur atas mimpi baik yang dialami. Lafal doa ketika mimpi baik cukup membaca hamdalah sebagaimana berikut :

Doa Ketika Mimpi Baik

Latinnya : Alhamdulillahi Rabbil 'Aalamiin
Artinya : Segala puji bagi Allah, Tuhan Yang Memelihara alam semesta

3. Doa Ketika Mimpi Buruk

Meski telah membaca doa mau tidur, kadang kali kita juga akan mengalami mimpi buruk. Jika mimpi tersebut sampai membangunkan kita karena saking buruknya kejadian yang dialami dalam mimpi, maka hendaknya kita membaca doa ketika mimpi buruk yang lafalnya sebagaimana berikut:

Doa Ketika Mimpi Buruk

Latinnya : Allaahumma innii a’uudzu bika min ‘amalisy syaithaani, wasayyi-aatil ahlaam
Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada-Mu dari tingkah laku setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk.

Dengan membaca doa tersebut, kita berharap agar Alloh dapat menjauhkan dan melindungi diri kita dari segala macam keburukan. Setelah memanjatkan doa tersebut, bangkitlah dan tunaikan sholat tahajud untuk menenangkan hati Anda.

4. Doa Bangun Tidur

Seketika bangun dari tidur untuk menunaikan sholat shubuh, kita juga sebaiknya membaca doa bangun tidur sebagai wujud syukur atas diberikannya tidur yang baik kepada diri kita. sehingga kita masih diberi kesempatan untuk hidup sampai hari ini. Berikut ini lafal doa bangun tidur dan artinya untuk Anda hapalkan (dibaca sebelum bangkit dari pembaringan).

Doa Bangun Tidur

Latinnya : Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba'da maa amaa tanaa wa ilaihin nusyuur
Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan

Adab-Adab Tidur

Selain mengamalkan doa mau tidur dan doa-doa lainnya, islam juga mengatur adanya beberapa adab yang harus kita jaga dalam perkara tidur. Berikut ini ada sekitar ada tidur untuk dapat Anda amalkan supaya tidur yang dilakukan dapat membawa kebaikan dunia dan akhirat.
a. Tidak tidur malam sebelum menunaikan shalat Isya’.
b. Sunnah jika tidur dalam keadaan suci (sudah berwudhu’)
c. Hendaknya pertama tidur kita menghadap ke kiri (tangan kiri di atas dan tangan kanan dijadikan bantal), setelah itu tidak masalah bila ingin berbalik.
d. Tidak telungkup atau tengkurap dengan menjadikan perut sebagai tumpuannya ketika tidur.
e. Membaca ayat-ayat al-Qur-an, di antaranya ayat kursi, dua ayat terakhir surat al-Baqarah, disambung dengan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas.
f. Setelah semua amalan tersebut dilakukan, hendaknya membaca doa mau tidur yang lafalnya terdapat di atas, atau dengan doa yang lebih lengkap sebagaimana berikut:

Doa Bangun Tidur

Artinya : Dengan Nama-Mu, ya Tuhan-ku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan Nama-Mu pula, aku bangun. Jika Engkau menahan roh-ku (mati), maka berilah rahmat kepadanya. Tapi jika Engkau melepaskannya, maka peliharalah. Sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.

g. Disunnahkan memakai celak mata ketika hendak tidur.
h. Hendaknya membersihkan tempat tidur dari kotoran ketika hendak tidur
i. Membaca doa setelah bangun tidur sebagai wujud syukur atas kenikmatan tidur yang diberikannya.

Nah, demikianlah kumpulan lafal doa tentang tidur, mulai dari doa mau tidur, doa mimpi baik dan buruk, serta doa bangun tidur, lengkap dengan adab-adab tidur yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat diamalkan dengan rutin. Jangan lupa untuk mengajarkan doa-doa tersebut kepada anak-anak Anda, selain karena lafalnya pendek dan mudah diingat, mengajarkan doa tersebut akan membuat mereka terlatih untuk mengikuti sunnah rasululloh sedari kecil. Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Doa Tidur : Doa Mau Tidur, Doa Bangun Tidur, Doa Mimpi Baik dan Buruk"