Doa Niat Sholat

5 Doa Makan : Doa Sebelum Makan, Sesudah Makan, Latin dan Artinya

Makanan yang kita santap setiap hari bukan datang tiba-tiba dari langit. Ia datang melalui proses panjang mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan, sampai, panen dan pengolahan. Proses itulah yang menjadi jalan bagi kita untuk dapat merasakan rezeki diberikan Alloh dalam hidup ini. Untuk itu, setiap kali akan menyantap makanan, hendaknya kita bersyukur kepada Alloh atas semua rezeki yang diberikannya. Bersyukurlah dengan membaca doa sebelum makan dan doa sesudah makan supaya nikmat yang diberikan-Nya dapat terus ditambah dan ditambah lagi.

Doa Sebelum Makan

Adapun membaca doa sebelum makan adalah sebuah sunnah bagi kita supaya makanan atau rezeki yang diberikan Alloh melalu makanan bagi kita dapat menjadi berkah dan kebaikan. Doa sebelum makan sendiri cukup mudah dilafalkan karena termasuk doa yang pendek. Selain itu, doa ini biasanya juga sudah diajarkan oleh orang tua kita sedari kecil. Berikut ini lafal doa sebelum makan lengkap dengan latin dan artinya untuk Anda hapalkan.

Doa Sebelum Makan

Latinnya : Alloohumma baarik-lanaa fiimaa razaqtanaa, waqinaa 'adzaa ban-naar.
Artinya : Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Kau beri dan peliharalah kami dari siksaan api neraka.

Doa untuk Orang yang Menghidangkan Makanan

Doa di atas dibaca ketika hendak makan di rumah sendiri atau makan makanan yang kita beli sendiri, sementara jika kita makan di rumah orang lain, sebagai tamu yang dijamu oleh yang punya rumah, hendaknya kita membacakan doa sebelum makan yang menjadi harapan agar orang yang menghidangkan makanan dapat memperoleh keberkahan. Berikut ini lafal doa untuk orang yang menghidangkan makanan yang sebaiknya Anda amalkan.

Doa Sebelum Makan

Latinnya : Allohumma bariklahum fiihaa rojaqtahum, waghfirlahum, warhamhum.
Artinya : Ya Allah! Berilah berkah apa yang Engkau rezekikan kepada mereka, ampunilah, dan sayangilah mereka.
Doa Berpakaian Saat Memakai Baju
Doa Agar Hujan Berhenti
Doa Sholat Hajat yang Benar

Lupa Baca Doa sebelum Makan

Ada kalanya karena rasa lapar yang tak tertahankan, kita sering kali lupa membaca doa sebelum makan. Kita langsung menyantap makanan yang ada dan baru teringat bahwa kita belum membaca doa di awal. Jika Anda mengalami hal ini, maka bacalah doa dengan lafal berikut ini:

Lupa Baca Doa sebelum Makan

Latinnya : Bismillaah awwalahu wa aakhirohu.
Artinya : Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.

Doa Setelah Makan

Setelah kita selesai makan, jangan lupa untuk mensyukuri atas segala nikmat yang Alloh berikan kepada kita. Ucapkanlah syukur kepada Alloh sebagai wujud rasa terima kasih bahwa kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati makanan yang lezat, sementara di luar sana masih banyak orang yang kekurangan makanan. Bacalah doa setelah makan yang lafalnya sebagaimana berikut:

Doa Setelah Makan

Latinnya : Alhamdu-lillaahil ladzii ath'amanaa, wa-saqoonaa, wa-ja'alanaa muslimiin.
Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah memberi makanan dan minuman kami, serta telah menjadikan kami sebagai orang Muslim.

Selain doa di atas, Anda juga dapat mengamalkan doa setelah makan dengan lafal sebagaimana berikut:

Doa Setelah Makan

Latinnya : Alhamdu-lillaahil ladzii ja'alahuu 'adzbam furootam birohmatihii, wa-lamyaj'alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa.
Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini segar dan menyegarkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Adab Adab Makan

Sebagai seorang muslim yang baik, selain dengan mengamalkan doa sebelum makan, doa setelah makan, dan doa-doa lainnya, hendaknya kita juga belajar tentang bagaimana adab-adab ketika makan dan minum seperti yang dicontohkan rasululloh SAW semasa hidupnya. Berikut ini adab-adab tersebut untuk Anda amalkan.
  1. Makanlah makanan yang halal dan yang baik.
  2. Jika makanan telah dihidangkan, maka dahulukanlah makan daripada sholat.
  3. Jangan makan dan minum menggunakan wadah yang terbuat dari emas atau perak.
  4. Jangan berlebih-lebihan dan boros saat makan.
  5. Mencuci tangan sebelum makan dan makanlah menggunakan 3 jari.
  6. Jangan menyantap makanan dan minuman dalam keadaan masih sangat panas ataupun sangat dingin karena hal ini membahayakan tubuh.
  7. Dianjurkan memuji makanan dan dilarang mencelanya.
  8. Makan dan minum dengan tangan kanan dan dilarang dengan tangan kiri.
  9. Makan mulai dari makanan yang terdekat.
  10. Jika ada makanan yang jatuh, maka pungut, bersihkan, dan makan makanan tersebut.
  11. Jangan makan dan minum dalam keadaan berdiri.
  12. Apabila lalat terjatuh dalam minuman, hendaklah Anda mencelupkan lalat ke dalam minuman tersebut seluruh badannya, karena di salah satu sayap lalat ada penyakit dan di sayap yang lain terdapat penawarnya.
  13. Minum tiga kali tegukan seraya mengambil nafas di luar gelas.
  14. Dianjurkan bicara saat makan, tidak diam dan tenang menikmati makanan seperti halnya orang-orang Yahudi.

Nah, demikianlah beberapa adab makan lengkap dengan doa sebelum makan dan doa sesudah makan yang dapat Anda amalkan untuk mengikuti sunnah-sunnah Rasululloh. Semoga makanan kita menjadi makanan yang berkah dan semoga kita semua digolongkan ke dalam umat Muhammad sehingga dapat memperoleh syafa’atnya di hari kelak. Amiin.

0 Response to "5 Doa Makan : Doa Sebelum Makan, Sesudah Makan, Latin dan Artinya"