Doa Niat Sholat

Doa Menjenguk Orang Sakit yang Sesuai Sunnah Agar Cepat Sembuh

Doa Menjenguk Orang Sakit - Ada kalanya saudara, sahabat, atau tetangga kita sakit, maka sebagai muslim yang baik, maka akan sangat dianjurkan bagi kita untuk menjenguknya. Mengunjungi orang sakit adalah sebuah perbuatan mulia. Di dalamnya terdapat keutamaan serta pahala yang sangat besar. Selain itu, menjenguk orang sakit adalah suatu bentuk dorongan kita bagi mereka yang sakit agar tetap tawakal dan tak pernah menyerah melawan penyakitnya.

Islam mengatur bagaimana tata cara yang sebaiknya dilakukan ketika seorang muslim menjenguk seseorang yang sakit. Salah satu aturan tersebut adalah adanya doa menjenguk orang sakit serta sunnah dan larangan yang tidak boleh dilakukan. Berikut ini kami akan membahas aturan-aturan tersebut sebagai pedoman bagi kita semua.

Doa Menjenguk Orang Sakit

Salah satu yang utama dalam aturan islam ketika membesuk orang sakit adalah membaca doa kesembuhan untuknya. Doa ini merupakan bentuk permohonan kita kepada Alloh agar supaya saudara, teman, atau kerabat kita yang sedang sakit dapat diangkat penyakitnya dan diberikan kesembuhan. Lafal doa menjenguk orang sakit tersebut seperti terdapat dalam HR. Al-Bukhari no. 5743 dan Muslim no. 2191 adalah:

Doa Menjenguk Orang Sakit

Latinnya : Allohumma robbannas, adzhibilbaasa wasyfiantasy-syaafii. Laa syifaa-a illa syafa-uka wyifaa-a. Laa yughodziru saqomaa.
Artinya : Ya Allah, Tuhan pemelihara manusia. Hilangkanlah penyakitnya dan sembuhkanlah dia, Engkau-lah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali hanya kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit kembali.
Doa untuk Orang Sakit
Doa Mohon Panjang Umur
Doa untuk Anak Sakit
Doa di atas sebaiknya dibacakan di dalam hati, semata-mata sebagai pengharapan kita kepada kuasa Alloh untuk menyembuhkan penyakitnya. Selain doa tersebut, ada ucapan yang baik untuk kita sampaikan kepada mereka yang sakit sebagai dorongan mental agar ia tabah dalam menjalani keadaannya dan diberikan kesabaran. Lafal ucapan doa menjenguk orang sakit tersebut seperti terdapat dalam HR. al-Bukhari, HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud adalah sebagaimana berikut :

Doa Menjenguk Orang Sakit

Latinnya : Laa baasaa thohuru in-syaa Alloh. As alullohal adziima. Robbal ‘arsyil adziim, an yasyfiyaka.
Artinya : Tidak apa. Semoga sakitmu ini dapat menjadi penawar dosa-dosa, Insya Alloh. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung agar ia dapat menyembuhkan penyakitmu.

Sunnah dan Larangan saat Menjenguk Orang Sakit

Selain disunnahkan membaca doa menjenguk orang sakit, ketika membesuk ada beberapa sunnah dan larangan yang sebaiknya kita jaga. Sunnah dan larangan tersebut antara lain:

Pertama, datanglah dengan niat yang tulus tanpa keterpaksaan, bila ada kelonggaran rejeki bawakanlah orang yang sakit makanan yang baik untuknya. Sedikit banyak yang Anda bawakan sebagai oleh-oleh untuknya akan dapat menyenangkan hatinya.

Kedua, duduklah berdekatan dengan kepala orang yang sakit, letakan tangan dikeningnya, wajahnya, dada, atau perutnya, kemudian usap-usaplah dia. Tanyakan kepadanya kondisi kesehatannya, semata-mata sebagai bentuk perhatian Anda kepadanya.

Apabila orang yang sakit itu meminta kepada Anda sesuatu yang baik, misalnya berupa makanan, maka berikanlah untuknya.

Baca doa menjenguk orang sakit untuknya sambil menempelkan tangan kanan ke tubuh orang yang sakit. Selain doa di atas, Anda juga dapat membaca doa berikut ini sebanyak 7 kali  [Lihat Shahîh Adabil-Mufrad, 416] :

Doa Menjenguk Orang Sakit

Latinnya : As alullohal adziima. Robbal ‘arsyil adziim, an yasyfiyaka.
Artinya : Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan Penguasa Arsy Yang Agung, agar ia dapat menyembuhkan penyakitmu.

Berkunjunglah pada waktu yang tepat, waktu yang sekiranya tidak membebani orang yang sakit saat beristirahat. Lakukan kunjungan singkat saja, kecuali jika orang yang sakit berkehendak agar Anda tetap menemaninya beberapa saat atau jika kehadiran Anda dapat memberikan maslahat baginya.

Nah, demikianlah uraian mengenai sunnah dan doa menjenguk orang sakit yang bisa Anda amalkan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membawa kebaikan bagi kita semua. Semoga Alloh mengabulkan doa kita dan Alloh dapat menjauhkan diri kita dan keluarga kita dari segala penyakit yang berbahaya. Amiin.

0 Response to "Doa Menjenguk Orang Sakit yang Sesuai Sunnah Agar Cepat Sembuh"