Doa Niat Sholat

4 Doa Masuk Rumah dan Doa Keluar Rumah + Arti dan Latinnya

Doa Masuk Rumah - Sebagai seorang muslim, hendaknya kita selalu berdzikir kepada Alloh di setiap kali ada kesempatan atau di sela-sela aktivitas. Termasuk saat kita masuk atau keluar rumah, kita juga sebaiknya mengamalkan sunnah yang dicontohkan oleh Rasululloh untuk membaca doa-doa.

Di kesempatan artikel kali ini, saya akan membagikan doa masuk rumah dan doa keluar rumah untuk Anda amalkan sebagai bentuk serah diri kita kepada Dzat Yang Maha Kuasa agar segala aktivitas yang kita lakukan mendapat perlindungan dari Alloh dan dapat menjadi amal ibadah.

Doa Masuk Rumah

Lafal doa masuk rumah sendiri sebetulnya cukup mudah untuk dihafalkan. Biasanya anak-anak usia sekolah sudah mulai diajari bagaimana cara mengamalkan doa ini dan bacaannya. Nah, bagi Anda yang belum tahu, berikut ini adalah lafal doa masuk rumah beserta latin dan artinya sebagai bahan untuk pembelajaran.

 Doa Masuk Rumah

Latinnya : Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa.
Artinya : Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri.

Doa di atas dibacakan ketika kita dari suatu perjalanan dan hendak memasuki rumah. Ucapkan salam kepada seisi rumah seperti biasa dengan lafal “Assalaamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh”, baru kemudian baca doa tersebut.
Doa Masuk Masjid
Doa Masuk Kamar Mandi
Doa Masuk Kuburan

Doa Masuk Rumah Kosong

Bila rumah dalam keadaan kosong atau rumah yang lama ditinggalkan, maka lafal doa yang dibaca juga berbeda. Doa masuk rumah kosong yang dapat Anda amalkan adalah sebagai berikut:

Doa Masuk Rumah Kosong

Latinnya : Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahis shoolihiin.
Artinya : Keselamatan dan kesejahteraan  semoga Allah selalu limpahkan atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang soleh.

Doa Masuk Rumah Baru

Sementara bila Anda masuk ke dalam rumah yang baru dan akan menempatinya, maka Anda juga dianjurkan untuk membaca doa masuk rumah baru. Lafal doa tersebut memiliki bacaan arab, latin, dan artinya sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an Surat Al-Kahfi ayat 39 berikut:

Doa Masuk Rumah Baru

Latinnya : Maasya allaah, laa quwwata illaa billaah.
Artinya : Sungguh atas kehendak Allah sehingga semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya.

Doa Keluar Rumah

Sama seperti ketika masuk rumah, saat Anda keluar rumah untuk mencari rejeki, naik kendaraan, bepergian atau hendak bekerja, maka Anda pun sebaiknya membaca doa. Doa keluar rumah adalah bentuk serah diri kita agar segala aktivitas yang kita lakukan di luar rumah mendapat perlindungan diri dari Alloh SWT. Berikut ini lafal doa keluar rumah lengkap dengan latin dan artinya:

Doa Keluar Rumah

Latinnya : Bismilaahi tawakkaltu 'alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.
Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.

Nah, demikianlah kumpulan doa masuk rumah dan doa keluar rumah yang dapat Anda amalkan sebagai bentuk pengabdian kita terhadap sunnah-sunnah yang diajarkan Rasululloh. Karena termasuk doa pendek yang mudah dihapalkan, maka ajarkanlah anak-anak Anda lafal doa-doa tersebut, agar ia bisa ikut mengamalkan sunnah sedari kecil. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan dengan baik. Salam.

0 Response to "4 Doa Masuk Rumah dan Doa Keluar Rumah + Arti dan Latinnya"