Doa Niat Sholat

Doa Masuk Kuburan (Makam) dan 9 Adab Ziarah Kubur

Doa Masuk Kuburan - Berziarah kubur disunnahkan dalam ajaran Islam. Selain untuk membuat kita ingat tentang adanya kematian dan bahwa kehidupan di dunia tidaklah kekal, berziarah kubur juga dapat menjadi sarana untuk kita mengenang saudara atau teman kita yang telah mendahului kita.

Islam mengatur banyak hal tentang adab berziarah kubur. Di artikel kali ini, kami akan membahas adab-adab tersebut beserta doa masuk kuburan atau makam yang sebaiknya dilafalkan ketika Anda memasuki area pemakaman.

Doa Masuk Kuburan

Ketika memasuki area pemakaman, kita diharuskan melepas sandal atau alas kaki kita. Kita juga sebaiknya membaca doa masuk kuburan sebagai penghormatan dan doa bagi para penghuni kubur. Doa masuk kuburan seperti yang diajarkan rasululloh memiliki lafal sebagaimana berikut:

Doa Masuk Kuburan (Makam)

Latinnya : Assalaamu-'alaikum yaa ahlil qubuuri, yaghfirulloohu lanaa, wa lakum antum salafu-naa, wa nahnu bil atsari.
Artinya : Keselamatan untuk kalian wahai penghuni kubur. Semoga Allah mengampuni kami dan kalian, sedangkan kalian telah mendahului kami, dan kami akan mengikuti kalian.
Doa Masuk Masjid
Doa Masuk WC
Doa Tolak Bala
Selain doa di atas, ada pula riwayat lain yang menyatakan bahwa Rasululloh pernah mengucapkan doa masuk kuburan dengan bacaan yang berbeda. Namun, doa tersebut sebetulnya memiliki makna yang sama dengan doa di atas. Berikut ini lafal bacaan doanya beserta latin dan artinya.

Doa Masuk Kuburan (Makam)

Latinnya : Assalaamu’alaikum ahlaldiyari minal mu’miniina walmuslimiina, wa inna in-syaa Allohu lakaahiquuna nas-alulloha lanaa walakumul ‘aafiyata.
Artinya : Keselamatan untuk kalian penghuni kubur, dan para mu’minin, dan muslimin. Semoga Allah selalu memberikan rahmat-Nya kepada mereka yang telah mendahului kita dan orang-orang kita dahului. Insya Allah, kami akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah keselamatan atas kami dan atas kalian.

Adab Ziarah Kubur

Membaca doa masuk kuburan adalah salah satu dari beberapa sunnah yang terdapat dalam adab ketika berziarah kubur. Selain membaca doa, ada beberapa aturan yang sebaiknya kita patuhi ketika hendak berziarah. Beberapa aturan adab ziarah kubur tersebut antara lain :
  1. Luruskan niat jika hendak berziarah kubur. Ingatlah bahwa ziarah kubur sejatinya kita sendiri yang merasakan manfaatnya, yaitu sebagai pengingat pribadi kita tentang adanya kematian.
  2. Jangan menyegajakan perjalanan jauh (safar) hanya dengan tujuan berziarah kubur.
  3. Lepaskan alas kaki ketika masuk area pemakaman dan bacakan salam atau doa masuk kuburan untuk para penghuni kubur.
  4. Doakan si mayit yang Anda ziarahi dengan “Allahummaghfir li Ahli Baqi’il gharqad.” Kemudian bacakan surat-surat pendek untuknya. Beberapa pendapat menyebutkan bahwa kita juga boleh membaca Surat Yaasiin sebagai pendorong doa kita kepada si mayit. Namun, beberapa pendapat juga melarang hal ini.
  5. Berziarahlah dengan posisi berdiri. Jangan menduduki atau menginjak makam orang lain karena Islam sangat melarangnya.
  6. Siramkanlah air di atas pusaranya sebagai sunnah yang diajarkan oleh Rasululloh.
  7. Jangan makan, minum, tertawa atau banyak bicara ketika sedang berziarah karena hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Kita seharusnya merenungkan dan semakin mengingat tentang adanya kematian.

Nah, demikianlah beberapa adab ziarah kubur lengkap dengan doa masuk kuburan (makam) yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan mengamalkan adab-adab tersebut ziarah kubur yang kita lakukan dapat menjadi sebuah nilai ibadah di sisi Alloh. Serta semoga sanak saudara atau teman yang telah berpulang mendahului kita dapat diampuni dosa-dosanya dan diberi tempat terbaik oleh-Nya. Amiin.

0 Response to "Doa Masuk Kuburan (Makam) dan 9 Adab Ziarah Kubur"