Doa Niat Sholat

5 Doa Nabi Musa AS, Keutamaan, Manfaat, dan Cara Mengamalkannya

Doa Nabi Musa - Nabi Musa AS adalah salah satu Nabi yang namanya paling banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Kisah tentang perjalanan hidupnya dalam menyiarkan dakwah terekam jelas di beberapa ayat Al-Qur’an. Beberapa mukjizat yang diberikan Alloh kepadanya cukup menarik perhatian para pembaca Al Qur’an, terutama mukjizat ketika ia berhasil membelah lautan dengan tongkatnya seizin Alloh SWT saat dikejar Fir’aun.

Doa Nabi Musa

Selain mukjizat-mukjizat, beberapa ayat dalam Al-Quran yang mengisahkan tentang Nabi Musa juga mengandung beberapa doa-doa mustajab. Doa-doa yang diucapkan Nabi Musa tersebut banyak dicari dan dihapalkan untuk mengharap karomah dan manfaat dalam beragam keperluan. Berikut ini kami akan membahas doa-doa Nabi Musa tersebut lengkap dengan aksara rumi, latin, dan artinya.

1. Doa Nabi Musa untuk Kebaikan Jodoh dan Pekerjaan

Yang pertama adalah doa Nabi Musa untuk mengharap kebaikan, baik berupa kebaikan jodoh maupun pekerjaan. Berikut ini lafal doa tersebut seperti tercantum dalam QS Al Qashash 24.

doa nabi musa menghadapi firaun Latinnya : Rabbi  Inniy limaa anzalta ilayya min khairin faqir.
Artinya: Wahai Tuhanku, sungguh aku sangat faqir atas segala macam kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.

Bagi Anda yang saat ini sudah cukup umur tapi belum menemukan jodoh atau ingin segera menikah, doa di atas bisa dibacakan bersamaan dengan doa agar cepat dapat jodoh. Bacalah setelah menunaikan sholat hajat. Sementara bagi Anda yang ingin dapat pekerjaan dan dimudahkan dalam tes bekerja, doa di atas juga bisa diamalkan setelah sholat hajat.

Doa Nabi Musa untuk kebaikan jodoh dan pekerjaan di atas cukup makbul. Sudah banyak pengalaman orang yang mengamalkannya berhasil memperoleh apa yang diinginkannya. Oleh karena itu, bacalah dengan ikhlas dan tawakal sehingga Alloh mendengar dan mengabulkan doa Anda.

2. Doa Nabi Musa untuk Dimudahkan Segala Urusan

Selanjutnya adalah doa Nabi Musa untuk dimudahkan segala urusan. Doa ini tercantum dalam QS Thoha ayat 25 sd 28. Berikut lafal rumi, latin, dan artinya.

doa nabi musa membelah lautan Latinnya : Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ Artinya : Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Doa diatas digunakan ketika Anda tengah menghadapi masalah yang sulit. Bacalah setelah sholat fardlu atau sholat hajat sehingga masalah yang Anda hadapi dapat menemukan titik terang dan dimudahkan oleh Alloh. Selain itu, bagi Anda yang ingin dimudahkan untuk meluluhkan hati lawan bicara, misalnya ketika ingin suami patuh kepada perkataan istri atau ketika hendak berpidato, doa di atas juga bisa diamalkan.

3. Doa Nabi Musa untuk Mohon Pertolongan

Dan doa Nabi Musa yang terakhir adalah doa untuk mohon pertolongan ketika tengah menghadapi kesulitan. Doa ini memiliki lafal sebagaimana berikut:

doa nabi musa melawan sihir Latinnya : Allahumma lakal hamdu, wa ilaikal musytakaa, wa antal musta’an, wa laa haula, wa laa quwata, illa billahil aliyil adhiim.
Artinya : Ya Allah, segala puji bagi-Mu. Hanya kepadamu, Ya Allah, kami berkeluh kesah. Engkaulah tempat meminta pertolongan. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha tinggi dan Maha Agung.

Doa di atas oleh Nabi Musa dibacakan ketika menghadapi kesulitan. Dalam kisahnya, ia dan Bani Israil menemukan jalan buntu saat dikejar-kejar tentara Fir’aun. Jalannya terbatas oleh lautan luas sehingga Nabi Musa memohon pertolongan Alloh agar diberi jalan untuk menyeberang. Doa ini pun dibaca seraya Nabi Musa memukulkan tongkatnya ke laut. Laut pun terbelah atas izin Alloh sehingga Nabi Musa dan kaumnya dapat menyeberang. [Baca Juga : Doa Nabi Yunus]

Bagi Anda yang saat ini sedang menghadapi kesulitan, doa tersebut juga dapat Anda amalkan, baik ketika setelah sholat fardlu, sholat hajat, atau setelah melakukan amalan sunnah lainnya. Semoga dengan doa Nabi Musa tersebut Alloh dapat menolong dan mengangkat Anda dari masalah yang dihadapi.

Nah, demikianlah beberapa doa Nabi Musa yang dapat kami sampaikan. Baik itu doa agar dimudahkan segala urusan, doa mohon kebaikan jodoh dan pekerjaan, maupun doa mohon pertolongan, semuanya adalah doa-doa mustajab yang insya Alloh dapat diijabah oleh Alloh. Asalkan kita yakin dan ikhlas mengamalkannya, niscaya Alloh akan mendengar dan mengabulkan doa kita, seperti hanya Alloh mengabulkan doa Nabi Musa. Amiin.

0 Response to "5 Doa Nabi Musa AS, Keutamaan, Manfaat, dan Cara Mengamalkannya"