Doa Niat Sholat

Tuntunan Doa Sholat Hajat yang Benar dan Mustajab beserta Latinnya

Tata cara menunaikan sholat hajat tidaklah sesulit yang dibayangkan. Sholat sunnah ini dilaksanakan dengan rukun yang tidak jauh berbeda dengan tata pelaksanaan solat sunnah pada umumnya.  Perbedaan bisa dibilang hanyalah terletak pada niat yang dibaca. Adapun niat sholat hajat juga sudah banyak yang bisa menghapalnya.

Yang jadi masalah adalah banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana lafal doa mustajab yang dipanjatkan setelah melaksanakan sholat ini. Oleh karena itu, pada artikel berikut, saya akan membahas tentang tuntunan doa setelah sholat hajat ini lengkap dengan latinnya bagi Anda yang tidak bisa membaca huruf hijaiyah. Silakan disimak dan dihafalkan!

Doa Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat

Doa sholat hajat adalah doa wirid yang dibacakan setelah pelaksanaan sholat hajat. Doa wirid ini mencakup beberapa doa yang antara lain istighfar, sholawat nabi, doa sholat hajat, dan doa nabi Yunus. Secara lengkap berikut ini adalah pemaparan dari doa-doa tersebut.

1. Membaca Istighfar 100 Kali

Setelah menunaikan sholat hajat, kita dianjurkan untuk membaca banyak istighfar. Istighfar dibaca sebanyak 100 kali. Adapun lafadznya adalah sebagai berikut:

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ
Latinnya : “Astaghfirullohaladziim.”
Artinya : “Aku memohon ampunan kepada Alloh yang Maha Agung.”

2. Membaca Shalawat Nabi 100 Kali

Setelah membaca istighfar, doa setelah sholat hajat dilanjutkan dengan membaca sholawat nabi sebanyak 100 kali. Sholawat nabi ada bermacam-macam lafadznya. Ada yang pendek, ada pula yang panjang. Jika ingin ringkas, baiknya Anda membaca solawat yang pendek saja dengan lafadz berikut:

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
Latinnya : “Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid”
Artinya : “Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada kerabat Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

3. Membaca Doa Sholat Hajat 1 Kali

Setelah membaca sholawat, kemudian bacalah doa sholat hajat dengan bacaan berikut ini sebanyak 1 kali saja.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Latinnya : “Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.”

Artinya : “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”
Setelah membaca doa sholat hajat di atas, selanjutnya mohonkanlah apa yang menjadi keinginan Anda. Jika ingin segera dapat jodoh, getarkanlah dalam hati keinginan itu. Begitupun jika ingin segera dapat pekerjaan, terbebas dari masalah, atau keiginan-keinginan lainnya.

4. Doa Nabi Yunus Sebanyak-banyaknya

Perbanyak pula membaca doa nabi Yunus berikut ini setelah permohonan Anda terucapkan. Doa ini terbilang mustajab. Berikut lafal bacaannya.

لَّا إِلَهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
Latinnya : “Laa Ilaaha Illa Anta, Subhanaka Inni Kungtum Minadz Dzolimiin”
Artinya : “Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk ke dalam golongan orang-orang dzolim.”
Nah, demikianlah tuntunan doa sholat hajat yang bisa kami sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan semoga segala permohonan kita dapat diizabah oleh Alloh SWT.

0 Response to "Tuntunan Doa Sholat Hajat yang Benar dan Mustajab beserta Latinnya"