Doa Niat Sholat

Niat Sholat Hajat yang Mustajab beserta Latin dan Artinya

Sholat hajat adalah sholat sunah yang dilakukan ketika seseorang memiliki hajat dan menginginkan hajatnya itu dapat terkabul. Banyak yang berpikir untuk melakukan sholat sunnah 2 rokaat ini ketika menghadapi sebuah kesempatan atau peluang dalam hidupnya, atau ketika menghadapi masalah-masalah lain seperti masalah jodoh yang tak kunjung datang, keinginan mendapat pekerjaan yang mapan, dan lain sebagainya.

Kendati begitu, banyak pula di antara mereka yang tidak tahu seperti apa tata cara melakukan sholat hajat dan bacaan niat sholat hajat yang benar sesuai tuntunan Nabi Besar kita, Rasululloh SAW. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan mengulas tentang doa niat sholat hajat ini secara lengkap beserta latin dan artinya.

Niat Sholat Hajat yang Mustajab

Niat Sholat Hajat

Tata cara pelaksanaan sholat hajat sebetulnya sama dengan tata cara pelaksanaan sholat sunnah lainnya. Yang membedakan hanyalah terletak pada niatnya saja. Adapun niat sholat hajat yang benar untuk 2 rakaat adalah sebagai berikut:

اُصَلّئ سُنَّتَ الحَاخَتِ  رَكْعَتَيْنِ لله تَعَلَى

Latinnya : "Usholli sunnatal haajati Rok’ataeni Lillahi Ta’aalaa."
Artinya : "Aku niat shalat hajat dua raka’at karena Alloh Ta’ala."

Sedangkan untuk niat sholat hajat 4 rakaat adalah sebagai berikut:

اُصَلّئ سُنَّتَ الحَاخَتِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لله تَعَلَى

Latinnya : "Usholli sunnatal haajati Ar’ba’a rakaati Lillahi Ta’aalaa."
Artinya : "Aku niat shalat hajat empat raka’at karena Alloh Ta’ala."

Setelah membaca niat sholat hajat tersebut, Anda bisa langsung takbir dan melaksanakan tata cara sholat seperti pada umumnya. Akan tetapi, disunahkan pula pada sholat hajat setelah membaca surat Alfatihah pada rakaat pertama Anda membaca surat Al-Kafirun atau Ayat Kursi sebanyak 1 kali atau 11 kali. Kemudian, pada rakaat keduanya, surat pendek yang dibaca adalah surat Al-Ikhlas sebanyak 1 kali atau 11 kali. Selain dari pada itu, semua rukun sholat pada umumnya juga berlaku, mulai dari ruku’, i’tidal, sujud, duduk di antara 2 sujud, kemudian tahiyat. Selengkapnya tentang tata cara sholat hajat, Anda bisa membaca pedomannya di artikel ini.

Niat Shalat Hajat untuk Dapat Jodoh

Tak sedikit orang yang melaksanakan sholat hajat karena tujuan ingin cepat dapat jodoh. Mereka kebanyakan bertanya tentang bagaimana bacaan niat sholat hajat untuk tujuannya itu. Apakah sama ataukah ada perbedaan dengan niat yang dibaca pada umumnya.

Nah, terkait pertanyaan ini, sejauh pemahaman kami, tidak ada perbedaan bacaan niat sholat hajat yang kita baca untuk tujuan tertentu. Setiap sholat hajat memiliki bacaan niat yang sama. Perkara tujuan dan hajat yang kita ingin terkabul, kita bisa menyampaikan hajat tersebut dalam bacaan wirid dan doa setelah sholat hajat.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai bacaan niat sholat hajat, baik untuk yang 2 rakaat maupun yang 4 rakaat. Semoga dengan melaksanakan sholat sunah ini secara rutin pada waktu sholat hajat yang mustajab, insyaAlloh semua hajat yang kita ingini dapat terkabul. Amin.

0 Response to "Niat Sholat Hajat yang Mustajab beserta Latin dan Artinya"