Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

2 Doa Penutup Majelis yang Sesuai Sunnah Rasululloh dan Artinya

Dalam sebuah pertemuan atau majelis untuk membahas suatu hal, baik masalah keagamaan (ceramah) atau kegiatan sosial lainnya, sebagai umat muslim hendaklah kita selalu dapat melandaskan ucapan dan perbuatan kita sesuai dengan sunnah yang Rasululloh SAW ajarkan. Salah satu sunnah tersebut adalah dengan membaca doa penutup majelis atau biasa yang disebut doa kuffaratul majelis.

Doa Penutup Majelis

Doa penutup majelis memiliki keutamaan sebagai permohonan atas kesalahan yang mungkin kita lakukan selama pertemuan. Bila pembicara melafalkan doa ini saat menutup acara, maka Anda cukup mengamininya saja, sementara bila pembicara tidak melafalkannya maka hendakah Anda membaca doa ini di dalam hati.

Berikut ini lafal doa penutup majelis dan artinya yang dapat Anda hapalkan.

Doa Penutup Majelis

Latinnya : Subhaanakallaahumma wabihamdika asyhadu al-laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa-atuubu ilaika
Artinya : Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.

Doa di atas dibacakan ketika kita hendak bangun meninggalkan majelis. Rasululloh mengajarkan doa ini sebagai permohonan ampunan dan taubat, karena biasanya di dalam sebuah majelis pasti ada sesuatu yang kesalahan yang kita lakukan, terlebih bila majelis tersebut adalah majelis yang membahas keduniawiaan.
Doa Pembuka Majelis
Doa Sesudah Wudhu
Niat Puasa Senin Kamis
Selain doa di atas, sebetulnya ada doa penutup majelis lainnya yang dapat Anda amalkan. Hanya saja lafal bacaannya lebih panjang. Berikut ini bila Anda membutuhkannya.

Doa Penutup Majelis

Latinnya : Ya robbana’tarofna, bi annanaq-tarofnaa. Wa innanaa asrofna, wa ‘ala lazho asyrofna. Fa tub ‘alaina taubah, tagsilu kulla haubah. Wastur lanal ‘aurootii, wa aaminirrou’atii. Waghfir li waalidiinaa, robbi wa mauluudiinaa. Wal ahli wal ikhwaani, wa saairil khillani. Wa kulli dzi mahabbah, aw jiirotin aw shuhbah. Wal muslimiina ajma’, aamiina robbiyasma’.

Artinya : Ya Allah, kami mengaku kami banyak melakukan dosa. Dan sesungguhnya kami berlebih-lebihan, sehingga neraka-lah yang layak bagi kami. Terimalah taubat kami, taubat yang bisa membersihkan kami dari dosa-dosa. Dan tutuplah aib-aib kami, selamatkanlah kami dari kebodohan. Ampunilah kedua orang tua kami, Ya Tuhan ampuni juga anak-anak kami. Ampuni keluarga kami, saudara-saudara kami, dan seluruh kekasih kami. Ampuni juga setiap orang yang memiliki cinta kasih, tetangga, dan sahabat kami, serta kaum muslimin seluruhnya. Dengarkanlah do’a kami Ya Rabb.

Adab Berada dalam Majelis

Selain dengan membaca doa penutup majelis, ada beberapa adab yang sebaiknya dijaga seorang muslim ketika berada di dalam majelis. Berikut ini adab-adab tersebut untuk Anda dapat amalkan.
  1. Ucapkanlah salam saat hendak memasuki atau memulai suatu majelis
  2. Jangan menyuruh orang lain untuk berdiri, pindah, dan menggeser tempat duduknya.
  3. Dilarang duduk di tengah atau di antara orang lain tanpa izin.
  4. Tidak berbisik-bisik membicarakan sesuatu tanpa melibatkan anggota majelis lainnya
  5. Dianjurkan untuk membaca Dzikrullah dan tilawah saat memulai majelis.
  6. Menjaga kebersihan diri, baik kebersihan hati maupun kebersihan tempat dalam majelis
  7. Membaca doa penutup majelis saat hendak meninggalkan majelis.

Nah, demikianlah sedikit yang bisa kami sampaikan tentang doa penutup majelis atau doa kuffaratul majelis. Semoga dapat diamalkan dengan baik sehingga setiap kesalahan dan dosa kita pada pertemuan tersebut dapat diampuni oleh Alloh SWT. Semoga bermanfaat.

0 Response to "2 Doa Penutup Majelis yang Sesuai Sunnah Rasululloh dan Artinya"