Doa Niat Sholat

Manfaat Sholat Hajat, Keutamaan, dan Ringkasan Keajaibannya

Sholat hajat adalah salah satu sholat sunah mu’akad yang diajarkan dalam ajaran agama Islam. Sholat sunah ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Salah satu manfaat sholat hajat adalah sebagai sarana permohonan atau doa yang dapat kita lakukan ketika kita memiliki keinginan atau hajat agar lekas terkabul. Selain manfaat tersebut, ada beberapa manfaat sholat hajat lainnya yang bisa kita peroleh dengan melaksanakan sholat sunnah satu ini. Apa saja manfaat sholat hajat tersebut? Bagaimana keutamaan sholat hajat dibandingkan dengan sholat sunah lainnya? Adakah ringkasan keajaiban sholat hajat yang pernah dibuktikan secara ilmiah? Ingin tahu jawabannya? Silakan simak pembahasan berikut ini!

Manfaat Sholat Hajat

Manfaat Sholat Hajat, Keutamaan, dan Ringkasan Keajaibannya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat sholat hajat adalah sebagai sarana ibadah yang bisa digunakan ketika kita mengharapkan hajat atau keinginan kita dapat dikabulkan oleh Alloh. Manfaat sholat hajat ini sesuai dengan janji Alloh dalam Firmannya QS. Al Baqarah : 153 berikut ini:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Latinnya : “Yaa Ayyuhaalladziina Aamanuu Ista’iinuu Bialshshabri Waalshshalaati Inna Allaaha Ma’aalshshaabiriina.”
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”
Sesuai dengan kutipan ayat tersebut, dapat kita simpulkan bahwa dengan sholat hajat, segala sesuatu yang kita inginkan tentu tidak akan mustahil untuk terwujud. Manfaat sholat hajat bukan hanya terkait dengan dikabulkannya hajat kita saja, melainkan juga Alloh akan menyingkirkan segala hal yang menyulitkan kita untuk mencapai hajat tersebut.

Hajat yang manusia ingini tentu sangat beragam jenisnya. Ada seseorang yang berhajat untuk dapat segera mendapatkan jodoh, ada yang berhajat untuk segera dapat pekerjaan, dan lain sebagainya. Asalkan kita sabar dan tetap berikhtiar disertai dengan rajin melaksanakan sholat hajat, insyaAlloh segalanya dapat termakbul atas kehendak Alloh SWT.

Keutamaan Sholat Hajat

Seperti halnya sholat tahajud, sholat dhuha, dan shalat sunah lainnya, shalat hajat juga mempunyai banyak keutamaan khusus. Salah satu keutamaan sholat hajat adalah janji Alloh tentang balasan yang luar biasa besar, yaitu Syurga. Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa barang siapa yang selalu mengawali pekerjaannya dengan mengerjakan sholat sunah hajat, ia akan mendapat balasan berupa syurga-Nya. Secara lengkap, riwayat yang menjelaskan manfaat sholat hajat tersebut ada dalam hadist berikut:
Nabi Muhammad SAW pernah bertanya pada Bilal, seusai beliau mengerjakan shalat Subuh, sebagaimana berikut : “Wahai Bilal, apakah amalan yang kau selalu kerjakan dalam Islam, sehingga aku selalu mendengar suara sendalmu di depanku di surga”.
Bilal kemudian menjawab : “Tidak pernah aku melakukan sesuatu yang aku harapkan kebaikannya, selain setelah aku bersuci saat malam atau siang hari, aku menunaikan shalat sebanyak  yang bisa aku kerjakan”. (HR. Imam Bukhari d an Muslim)

Ringkasan Keajaiban Sholat Hajat

Manfaat dan keutamaan sholat hajat yang dijanjikan Alloh bukannya tanpa bukti. Beberapa riwayat di masa silam telah cukup menjadi tanda kebenaran tentang khasiat dari amalan ibadah sunnah satu ini.

Berikut ini ringkasan keajaiban sholat hajat yang bisa menggambarkan betapa sholat hajat memiliki keutamaan yang luar biasa :
  1. Seorang tunanetra yang sembuh dan pulih penglihatannya setelah melaksanakan sholat hajat (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).
  2. Seorang pria melakukan perjalanan dari Yaman. Di tengah perjalan, keledai yang ditumpanginya mati. Ia kemudian mengambil wudlu dan mengerjakan shalat dua rakaat. Ia lalu berdoa supaya keledainya dapat bangkit kembali. Keledai itu kemudian bangun seketika dan mengibaskan kedua telinganya (HR Baihaqi).

Selain 2 riwayat tersebut, sebetulnya masih banyak keajaiban-keajaiban doa sholat hajat lainnya yang telah dialami oleh mereka yang yakin sepenuh hati dalam mengerjakan sholat sunah ini. Jika Anda punya hajat besar, tidak salah untuk membuktikan manfaat sholat hajat yang telah dijanjikan Alloh dalam Al-Qur’an itu. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Manfaat Sholat Hajat, Keutamaan, dan Ringkasan Keajaibannya"