Doa Niat Sholat

4 Doa Mohon Petunjuk : Usaha, Jodoh, dan Kebenaran

Doa Mohon Petunjuk - Dalam kehidupan, sering kali kita dihadapkan pada dua buah pilihan yang sangat sulit untuk diputuskan. Selain itu, setiap masalah yang kita hadapi juga sering kali sulit untuk dipecahkan. Oleh karenanya, bila kita menanggung beban pikiran tersebut sendiri, tentu akan sulit bagi kita untuk menyelesaikan semuanya dengan baik.

Kita butuh menyandarkan diri dan segala kesulitan kepada Tuhan Semesta Alam sehingga dapat diberikan petunjuk kebenaran yang akan membawa kita pada pilihan yang tepat.

Nah, di artikel kali ini kami akan membahas tentang beberapa doa mohon petunjuk yang mungkin dapat diamalkan sebagai permohonan supaya dapat diberikan jalan keluar saat menghadapi sebuah masalah.

Doa Mohon Petunjuk

Ketika Rasulullah SAW hendak meninggalkan Makkah untuk hijrah ke kota Madinah, dalam doanya, beliau memohon kepada Allah supaya bisa keluar dari Makkah dengan jalan yang diridhai Allah. Ketika masuk ke Madinah, beliau juga memohon supaya bisa masuk dengan jalan yang diridhai Allah.

Beliau juga memohon kepada Allah supaya diberi kekuatan dari sisi-Nya untuk memperoleh kemenangan saat menghadapi semua persoalan dan tanggung jawab yang ditugaskan kepada beliau. Doa Rasululloh tersebut terangkum dalam QS. Al-Israa ayat 80 dengan lafal sebagaimana berikut:

Doa Mohon Petunjuk Usaha

Latinnya : Robbi ad-khilnii mudkhola shidqin, wa-akhrijnii mukhraja shidqin, waj-'al lii min ladunka sulthoonan nashiiro.
Artinya : Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku dengan cara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku dengan cara keluar yang benar, dan berikanlah kepadaku kekuatan yang menolong dari sisi-Mu.

Doa di atas adalah sebuah gambaran tentang bagaimana cara kita menyelesaikan sebuah masalah. Petunjuk yang datang hendaknya kita lakukan dengan memohon keridhoan dan kekuatan supaya apa yang kita lakukan dapat mencapai kebaikan. Kita bisa mengamalkan doa Rasululloh tersebut ketika mohon petunjuk, sehingga keridhoan-Nya bisa membawa kita pada kemenangan.
Baca Juga : Doa Menjenguk Orang Sakit

Doa Mohon Petunjuk dan Kebenaran

Selain doa di atas, kita juga dapat memohon petunjuk kepada Alloh dengan lafal yang pernah diamalkan oleh Rasululloh dalam sebuah hadist. Doa mohon petunjuk dan kebenaran ini dapat diamalkan saat Anda menjumpai pilihan-pilihan keputusan yang sulit untuk diselesaikan.

Doa Mohon Petunjuk dan Kebenaran

Latinnya : Allahumma inni as-alukal huda was sadaad.
Artinya : Ya Allah, meminta kepada-Mu petunjuk dan kebenaran.

Doa Mohon Petunjuk Jodoh

Dalam perkara jodoh, kita juga tentu pernah mengalami suatu kesulitan, misalnya jodoh yang tak kunjung datang meski kita sudah mendambakannya, atau ketika memilih salah seorang di antara banyak pilihan jodoh. Jika mengalami hal ini, maka amalkanlah doa mohon petunjuk jodoh berikut ini supaya Anda diberikan petunjuk untuk memilih pilihan yang tepat.

Doa Mohon Petunjuk Jodoh

Latinnya : Rabbii an yahdiyanii sawaa-a ssabiil.
Artinya : Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke arah jalan yang benar.

Doa Mohon Petunjuk Usaha dan Pekerjaan

Adapun ketika mengalami kesulitan dalam usaha dan pekerjaan atau dalam mencari rezeki, Anda dapat mengamalkan doa mohon supaya diberikan petunjuk, ketakwaan, keterjagaan, dan kekayaan kepada Alloh dengan doa mohon petunjuk berikut ini.

Doa Mohon Petunjuk Usaha dan Pekerjaan

Latinnya : Allaahumma innii as-alukal hudaa, wat-tuqaa, wal-‘afaafa, wal ghinaa.
Artinya : Ya Allah, aku memohon pada-Mu petunjuk, ketakwaan, keterjagaan, dan kekayaan.

Nah, demikianlah kumpulan doa mohon petunjuk yang dapat Anda amalkan ketika harus memilih sesuatu atau ketika menghadapi sebuah masalah. Akan lebih afdol bila Anda memanjatkan doa-doa tersebut setelah menunaikan sholat istikhoroh. Dengan keutamaan sholat istikhoroh, permohonan dan doa kita dalam meminta petunjuk pasti akan segera diizabah atas izinnya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "4 Doa Mohon Petunjuk : Usaha, Jodoh, dan Kebenaran"