Doa Niat Sholat

Doa Mohon Ampun dari Segala Dosa dan Kesalahan ala Nabi Adam

Doa Mohon Ampun - Manusia memang tempat salah dan dosa. Tidak ada manusia di dunia ini yang seluruh hidupnya bisa lurus sesuai di jalan kebenaran kecuali Nabi Alloh, Muhammad SAW. Beberapa dosa, baik kecil maupun besar, baik sengaja dilakukan maupun yang tidak sengaja semuanya adalah tanggung jawab kita kepada Sang Pemilik Jiwa. Oleh karena itu, sebagai hamba yang ingin berusaha selalu dekat dengan Tuhannya, maka alangkah mulianya bila kita memohon ampunan kepada-Nya atas dosa-dosa tersebut.

Nah, di artikel kali ini kami akan membagikan beberapa doa mohon ampunan yang mungkin dapat Anda amalkan sebagai bentuk munajat dan taubat atas segala dosa yang dilakukan. Hapalkanlah dan ajarkan kepada anak-anak Anda serta amalkanlah setiap kali ada kesempatan atau bila telah melakukan khilaf.

Doa Mohon Ampun

Adapun Rasululloh SAW telah mengajarkan beberapa doa mohon ampunan dalam beberapa sabda yang telah ditinggalkannya. Salah satu yang paling mustajab dan paling shohih adalah doa mohon ampun dengan lafal berikut ini.

Doa Mohon Ampun

Latinnya : Allahummagh-firlii khothii-atii, wa jahlii, wa isrofii fii amrii, wa maa anta a’lamu bihi minni. Allahummagh-firlii jiddi wa hazlii, wa khotho-i wa ‘amdii, wa kullu dzalika ‘indii”
Artinya : Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan.

Doa Mohon Ampun dari Segala Dosa

Selain lafal doa di atas, Anda juga dapat mengamalkan doa mohon ampunan dari segala dosa berikut ini.

Doa Mohon Ampun dari Segala Dosa

Latinnya : Allohummaghfirlii dzanbii kul-lahu dzikohu wa-jillah, wa-awwalahu, wa-aakhirohu, wa-’alaa niyatahu wa-siroh.
Artinya: Ya Allah, ampunilah semua dosaku, baik dosa yang kecil, maupun dosa yang besar, baik dosa yang pertama maupun dosa yang terakhir, baik dosa yang tampak maupun dosa yang tersembunyi.

Lafal doa ini juga termasuk doa shahih sehingga tidak ada keraguan lagi dalam pengamalannya.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar

Ada kalanya dalam hidup kita melakukan dosa yang teramat besar karena kekhilafan dan godaan syetan, misalnya berzina, minum khamar, judi, atau membentak orang tua. Maka dari itu, marilah kita memohon ampun atas dosa-dosa tersebut sehingga Alloh memaafkan diri kita dari dosa besar yang kita lakukan. Berikut ini lafal doa yang dapat Anda baca lengkap dengan latin dan artinya.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar

Latinnya : Robbanaa dzolamnaa angfusanaa, wailam taghfirlanaa, watarhamnaa, lanakuunan-na, minal khoosiriin.
Artinya : Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah dzolim terhadap diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni dosa kami dan memberi rahmat kepada kami. Niscaya kami termasuk ke dalam golongan orang-orang yang merugi.

Untuk diketahui bahwa, doa di atas adalah doa Nabi Adam ketika memohon ampun dan bertaubat kepada Alloh atas kesalahannya melanggar larangan Alloh untuk memakan buah Qhuldi. Ia diturunkan bersama Siti Hawa ke muka bumi dan saling mencari satu sama lain. Mereka berdua membaca doa mohon ampun tersebut selama 42 tahun hingga Alloh kemudian mengampuni dan mempertemukan keduanya di Jabal Rahmah.

Doa Mohon Ampun untuk Orang Tua

Anak yang soleh adalah anak yang selalu mendoakan kebaikan untuk kedua orang tuanya. Berdoalah kepada Alloh agar dosa dan kesalahan orang tua yang kita lakukan semasa hidupnya dapat diampuni, terlebih bila orang tua kita telah meninggal. Lafal doa mohon ampun untuk orang tua memiliki bacaan yang cukup sederhana, sebagaimana berikut:

Doa Mohon Ampun untuk Orang Tua

Latinnya : Alloohummagfir lii wa liwaa-lidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo.
Artinya : Ya Allah! Ampunilah aku dan kedua orang tuaku, baik ibu dan bapakku, kasihanilah keduanya seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

Nah, demikianlah kumpulan doa mohon ampun dan taubat yang dapat Anda amalkan sesuai dengan keperluannya. Silakan dihapalkan dan ajarkanlah kepada anak-anak Anda sehingga mereka bisa belajar bagaimana menjadi muslim yang baik sedari kecil. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Doa Mohon Ampun dari Segala Dosa dan Kesalahan ala Nabi Adam"