Doa Niat Sholat

Doa Agar Dagangan Laris Terjual dan Berkah dalam Islam

Doa Agar Dagangan Laris - Berdagang adalah salah satu cara mencari rezeki yang diajarkan Rasululloh kepada umatnya. Disebutkan dalam sebuah hadist bahwa berdagang memiliki keutamaan karena dari kegiatan inilah 7 pintu rejeki dari Alloh dibukakan.

Adapun ketika memulai sebuah usaha perdagangan atau perniagaan, salah satu yang menjadi kendala kita adalah sepinya pembeli. Sepinya pembeli membuat apa yang kita harapkan dalam mencari rejeki menjadi tidak tercapai. Untuk mengatasi hal ini, rasullulloh mengajarkan agar kita senantiasa sabar dan berikhtiar. Doa agar dagangan laris dan berkah serta usaha untuk membuat pembeli datang adalah 2 hal yang harus kita lakukan dalam ikhtiar tersebut.

Doa Agar Dagangan Laris

Salah satu doa yang kerap digunakan rasulloh untuk memohon rejeki yang baik dan berkah dalam memulai perdagangan pernah diriwayatkan dalam sebuah hadist. Doa yang sekiranya dapat pula digunakan sebagai doa agar dagangan laris dan berkah tersebut memiliki lafadz sebagaimana berikut:

Doa Agar Dagangan Laris

Latinnya : Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.
Artinya : Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima disisimu.

Doa ini dibaca setiap memulai membuka lapak dagangan Anda di pagi hari. Bukan hanya merupakan permohonan agar dagangan laris manis dan pembeli berdatangan, doa tersebut juga menjadi permohonan agar rejeki yang kita peroleh dari usaha dagang tersebut dapat berkah bagi kehidupan kita dan orang-orang yang kita nafkahi.

Selain memohon dengan doa agar dagangan laris di atas, rasululloh juga mengajarkan kita agar senantiasa membudayakan shalat Duha di pagi hari. Sholat duha disebutkan sebagai amalan yang dapat membuka pintu rejeki kita. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana tata cara pelaksanaan sholat sunnah ini, silakan menuju artikel berikut : Tata Cata Sholat Dhuha.

Tips Agar Dagangan Laris

Setelah memohon kepada Sang Pemberi Rejeki, baik dengan membiasakan shalat dhuha, maupun dengan memohon lewat doa agar dagangan laris, jangan lupa lengkapi ikhtiar Anda dengan usaha semaksimal mungkin. Alloh tidak akan serta merta membuat dagangan laris hanya karena Anda memintanya. Anda juga harus berusaha bagaimana caranya supaya pembeli datang dan lebih memilih toko Anda dibanding toko-toko pesaing lainnya. Nah, beberapa tips berikut ini mungkin bisa Anda coba terapkan.

Pertama, instropeksi toko dagangan Anda. Apakah ia sudah berada di tempat yang strategis sehingga para calon pembeli mudah untuk menjangkaunya? Bila belum, tidak ada salahnya untuk pindah toko ke tempat yang sekiranya lebih dekat dengan para calon konsumen produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, perhatikan pula apakah toko Anda dari sisi penampilan sudah layak dan lebih baik dibanding para pesaing Anda. Jika belum, berbenahlah. Hal ini juga merupakan salah satu faktor yang perlu mendapat perhatian untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap toko Anda.

Kedua, perhatikan harga para pesaing. Jika toko Anda sepi, salah satu hal yang mungkin terjadi adalah karena Anda menjual barang dengan harga yang lebih mahal dibandingkan para pesaing Anda. Jangan ambil untung terlalu banyak jika ingin usaha Anda maju. Untung sedikit asal banyak yang membeli akan lebih baik tentunya.

Ketiga, berikan pelayanan yang lebih baik. Anda mungkin perlu memperbaiki sikap Anda sebagai pedagang. Pembeli tidak akan nyaman dengan pedangang yang tidak sabar, pelayanannya lambat, jutek, dan tidak ramah, semurah apapun harga barang yang ditawarkannya. Ia mungkin akan kabur ke toko lain yang pemiliknya memiliki sikap yang lebih baik.

Keempat, lakukan promosi. Promosi bisa dalam bentuk apa saja. Anda bisa menerapkan diskon, memainkan harga, memberikan hadiah, dan cara-cara lainnya yang sesuai dengan syariat islam. Para pembeli akan tertarik dengan promosi yang Anda tawarkan dan memulai belanja di toko Anda. Tanpa promosi, sesering apapun doa agar dagangan laris Anda panjatkan, dagangan Anda mungkin akan tetap sepi seperti sebelumnya. [Baca Juga : Doa Agar Hujan Berhenti]

Kelima, jalin kedekatan dengan para pembeli. Inilah kunci sukses usaha dagang yang maju. Jadikan pembeli Anda bukan hanya sekedar pembeli. Anggaplah ia sebagai teman, bahkan saudara agar ia merasa nyaman dan mau kembali lagi berbelanja di toko Anda.

Terakhir, jika semua cara telah Anda lakukan. Jangan lupa kembali berserah diri kepada Alloh. Rejeki sudah diatur olehnya. Yang penting kita sudah beriktiar sekuat dan semampu kita, hasilnya biarkan Alloh yang menilainya.

Nah, itulah penjelasan tentang doa agar dagangan laris terjual beserta tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat usaha dagang Anda semakin maju. Semoga bermanfaat dan cita-cita Anda terkabulkan. Salam.

0 Response to "Doa Agar Dagangan Laris Terjual dan Berkah dalam Islam"