Doa Niat Sholat

Niat Sholat Jumat sebagai Imam, Makmum, dan Sholat Sunnahnya

Sholat jumat adalah salah satu sholat fardlu yang diwajibkan bagi para kaum laki-laki pada waktu dzuhur hari jum’at. Sama seperti sholat fardlu lainnya, hukum sholat jumat bagi laki-laki adalah wajib. Wajibnya sholat jumat bahkan diterangkan secara jelas dalam QS Al Jumu’ah ayat 9, dimana dalam ayat tersebut terdapat seruan bagi orang-orang yang beriman agar segera meninggalkan jual beli untuk segera mengingat Alloh dan melaksanakan sholat jumat.

Niat Sholat Jumat

Adapun pada era sekarang ini, banyak di antara kita para laki-laki yang bahkan masih belum tahu bagaimana lafal niat sholat Jumat berjamaah yang benar. Untuk itu, dikesempatan artikel kali ini akan kami sampaikan tentang hal ini lengkap dengan niat-niat sholat sunnah pada hari jumat lainnya. Silakan disimak!

1. Niat sholat jumat untuk makmum

Yang pertama adalah niat sholat jumat untuk kita yang menjadi makmum. Niat ini harus diketahui oleh semua laki-laki yang hendak menunaikan ibadah sholat jumat, supaya ibadahnya dapat sempurna dan diterima disisi Alloh. Berikut ini lafal bacaannya lengkap dengan latin dan artinya.

Niat sholat jumat untuk makmum

Latinnya : Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.
Artinya : Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini sebagai makmum, karena Allah ta'ala.

2. Niat sholat jumat untuk imam

Adapun bagi pria yang bertindak sebagai imam pada sholat Jumat, maka lafal niat yang dibacakan terdapat perubahan sedikit. Kata makmuman pada niat tersebut diganti dengan kata imaman sebagaimana lafal berikut ini.

Niat sholat jumat untuk imam

Latinnya : Usholli fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala.
Artinya : Aku berniat shalat pardlu jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini sebagai imam, karena Allah ta'ala.

Sholat jumat dilaksanakan dalam 2 rakaat. Pelaksanaannya tepat setelah khatib selesai menyampaikan 2 khutbahnya. Adapun selain adanya sholat fardlu jumat, ada 2 sholat sunnah yang sebaiknya kita lakukan pada saat berada dimasjid, yaitu sholat qobliyah dan sholat ba’diyah jumat.

3. Niat sholat qobla jumat

Sholat qobla jumat atau qobliyah jumat adalah sholat sunnah yang dilaksanakan setelah adzan pertama dan sebelum adzan kedua pada waktu dzuhur hari jum’at. Pelaksanaan sholat sunnah ini sendiri masih menjadi perdebatan di kalangan para ulama. Ada ulama yang berpendapat bahwa sholat qobla jumat merupakan sunnah, tapi ada pula yang beranggapan ia haram.

Adapun bagi Anda yang tetap ingin menunaikan sholat qobla jumat karena berpegang pada pendapat ulama yang membolehkannya, berikut ini kami sajikan bacaan niatnya.

Niat sholat qobla jumat

Latinnya : Ushallii sunnatal jum'ati rak'ataini qabliyyatan lillaahi ta'aalaa.
Artinya : Aku berniat shalat jum'at 2 rakaat sebelumnya, karena Allah ta'ala.
Niat Sholat Dzuhur
Niat Sholat Ashar
Niat Sholat Maghrib

4. Niat sholat ba’da jumat

Berbeda dengan sholat qobliyah, para ulama telah sepakat bahwa sholat badiyah jumat merupakan amalan sunnah yang memang sangat dianjurkan. Sholat badiyah jumat adalah sholat sunnah yang ditunaikan setelah pelaksanaan sholat jum’at dengan jumlah 2 rakaat. Adapun bagi Anda yang ingin menunaikannya, berikut ini lafal niat sholat jumat qobliyah beserta arti dan latinnya.

Niat sholat ba’da jumat

Latinnya : Usholli sunnatal jum'ati rak'ataini ba'diyyatan, lillaahi ta'aalaa.
Artinya : Aku berniat shalat sunah jum'at 2 rakaat sesudahnya, karena Allah ta'ala.

Nah, demikianlah pemaparan tentang lafal bacaan niat sholat jumat berjamaah dan sholat sunnah pada hari jumat yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan bisa diamalkan dengan baik. Semoga kita semua tergolong orang-orang yang selamat dunia dan akhirat. Aamiin.

0 Response to "Niat Sholat Jumat sebagai Imam, Makmum, dan Sholat Sunnahnya"