Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Doa Minum Air Zam Zam untuk Kesembuhan Penyakit dan Artinya

Doa Minum Air Zam Zam - Air zam zam adalah air yang diperoleh dari sumur zam zam, sebuah sumur yang terletak di sebelah tenggara Masjidil Harom. Dalam kepercayaan umat Islam, air ini dianggap suci dan dapa memberikan banyak manfaat, bahkan ada yang percaya bahwa air ini bisa menyembuhkan beragam penyakit. Oleh karena itu, ketika ada orang yang melakukan ibadah haji, umroh, atau sekedar berziarah ke makam Rasululloh, mereka biasanya akan membawa air zam zam ini untuk oleh-oleh keluarganya di rumah.

Mengingat pada sejarah pertama kali kemunculannya yang erat kaitannya dengan sejarah Islam, maka banyak ulama yang menganjurkan ketika minum air zam zam, mereka yang meminumnya untuk melafalkan doa khusus agar air yang diminum bisa membawakan manfaat lebih, terutama bagi yang sakit supaya air tersebut bisa menjadi obat dari penyakit yang dideritanya. Nah, di kesempatan ini Blog Doa Niat Sholat akan mengulas doa minum air zam zam tersebut sesuai sunnah lengkap dengan artinya. Silakan disimak!

Doa Minum Air Zam Zam

Ada suatu riwayat yang menyebutkan bahwa pada masa silam, air zam zam atas izin Alloh pernah digunakan untuk mencuci hati Nabi Muhammad dari segala kekotoran dan penyakit hati. Oleh karena itu, banyak umat muslim yang menginginkan karomah tersebut sehingga meminum air zam zam untuk membersihkan segala keburukan yang ada di dirinya, baik itu penyakit raga, maupun penyakit jiwa.

Nabi Muhammad SAW sendiri dalam sebuah hadist pernah menyebutkan bahwa air Zam zam itu tergantung tujuan orang yang meminumnya. Hadist inilah yang menjadi dasar bahwa air zam zam dapat dipercaya memberikan manfaat dan keutamaan, terutama bagi kesehatan sebagai obat segala penyakit. [Baca Juga : Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan]

Doa Ketika Minum Air Zam Zam

Adapun untuk memperoleh segala manfaat dari meminum air zam zam, para ulama terdahulu menganjurkan supaya setiap orang yang hendak meminum air ini membaca sebuah doa. Nah berikut ini lafal doa minum air zam zam dan artinya untuk dapat Anda amalkan seperti terdapat dalam Hadist Riwayat Al-Hakim.

Doa Minum Air Zam Zam  
Latinnya : Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon waasi’an, wasyifaa an min kulli daa in.
Artinya : Ya Allah aku memohon pada-Mu, ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.

Sesuai peruntukannya, doa minum air zam zam di atas dibaca ketika Anda hendak meminum air tersebut. Namun, selain itu, ada beberapa sunnah yang sebaiknya juga Anda lakukan, di antaranya:
  1. Ketika hendak minum menghadaplah ke arah kiblat.
  2. Membaca bismilah sebelum meminum air zam zam kemudian dilanjut dengan doa minum air zam zam di atas.
  3. Minumlah air zam zam dengan niat tulus ikhlas karena Alloh.
  4. Usahakan untuk tidak minum hingga habis dalam sekali teguk. Minumlah sebanyak 3 kali diselingi dengan bernafas di antara minum. Setiap kali mengambil nafas, tengoklah ke arah kiblat.
  5. Minum air zam zam hingga kenyang bila jumlahnya banyak.
  6. Sesudah minum, bacalah hamdalah sebagai wujud syukur atas kenikmatan air zam zam yang diberikan Alloh Ta’ala.

Doa Setelah Minum Air Zam Zam

Setelah selesai minum air zam-zam dan membaca hamdalah, jika Anda memiliki tujuan agar disembuhkan dari penyakit, maka bacalah doa berikut agar air zam zam yang Anda minum bisa menjadi obat dari sakit yang Anda derita.

Doa Minum Air Zam Zam

Latinnya : Allohumma innii asyrobuhu mustasyfiyan bihi fasyfinii.
Artinya : Ya Alloh, sesungguhnya aku minum air zam-zam ini dengan harapan agar diberi kesembuhan, maka berilah kesembuhan kepadaku.

Nah, demikianlah pemaparan yang dapat kami sampaikan tentang doa minum air zam zam dan artinya, serta sunnah-sunnah yang sebaiknya diamalkan ketika hendak minum air zam zam. Semoga Alloh mengabulkan doa kita dan memasukan kita ke dalam golongan orang yang beruntung. Amiin.

0 Response to "Doa Minum Air Zam Zam untuk Kesembuhan Penyakit dan Artinya"