Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Doa Menyembelih Hewan Qurban, Aqiqah, dan Hewan Konsumsi

Doa Menyembelih Hewan - Islam mengatur secara jelas bagaimana tata cara dan proses penyembelihan hewan dalam Al-Qur’an dan Hadist. Hewan yang disembelih secara asal, tidak mengikut syariat, dan tidak disembelih atas nama Alloh adalah haram dagingnya untuk dimakan. Oleh karena itu, sebagai Muslim, wajib hukumnya bagi kita untuk senantiasa menyebut nama Alloh ketika hendak menyembelih hewan, baik itu unggas, kambing, sapi, unta, atau lain sebagainya.

Untuk penyembelihan hewan sendiri, pada umumnya dengan hanya mengucapkan basmalah saja, maka penyembelihan tersebut sudah sah menurut Islam. Daging hewan yang disembelih tersebut menjadi halal dan boleh dimakan. Akan tetapi, tentu akan lebih baik bagi kita untuk mengikuti sunnah rasululloh dengan membaca doa menyembelih hewan secara khusus. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana lafal doa menyembelih hewan dan artinya, khususnya untuk keperluan qurban atau aqiqah, simaklah pemaparan kami berikut ini.

Doa Menyembelih Hewan

Doa menyembelih hewan ada banyak macamnya, tergantung untuk keperluan apa daging hewan yang nantinya disembelih. Ada doa menyembelih hewan yang dagingnya digunakan untuk sekedar konsumsi, ada doa menyembelih hewan aqiqah, dan ada pula doa menyembelih hewan qurban. [Baca Juga : Doa Taubat Nabi Adam]

1. Doa Menyembelih Hewan Biasa

Yang pertama yaitu doa menyembelih hewan biasa yang dagingnya digunakan untuk konsumsi. Bila Anda pria, maka akan lebih baik jika Anda hapal doa ini supaya bila sewaktu-waktu diminta menyembelih unggas di rumah, maka Anda bisa menyembelih hewan tersebut sesuai syariah. Nah, berikut ini lafal doa, latin atau bahasa Indonesianya, dan artinya.

Doa Menyembelih Hewan

Latinnya : Alloohumma haadzihii minka wa ilaika, fataqobbal minnii yaa kariim.
Artinya : Ya Alloh, hewan ini adalah nikmat yang datang dari-Mu. Dan dengan hewan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Maka, Wahai Dzat Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku ini.

2. Doa Menyembelih Hewan Aqiqah

Jika daging hewan yang disembelih adalah seekor kambing yang dagingnya hendak untuk aqiqah anak yang baru lahir, maka doa menyembelih hewan yang dibaca juga berbeda. Lafal doa menyembelih hewan aqiqah yang sebaiknya dibaca adalah sebagai berikut:

Doa Menyembelih Hewan Aqiqah

Latinnya : Bismillahi Allahu Akbar. Allaahumma minka wa laka, haadzihi ‘aqiiqotu fulaan.
Artinya : Dengan Nama Allah, Allah Yang Maha besar. Ya Allah, ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqoh untuk si fulaan.

Kata fulaan pada doa menyembelih di atas harus diganti dengan nama anak bin nama bapaknya.

3. Doa Menyembelih Hewan Qurban Milik Sendiri

Jika hewan yang disembelih adalah hewan qurban dalam perayaan Hari Idul Adha, maka doa menyembelih hewan yang dibaca juga memiliki lafal yang berbeda. Berikut ini lafal doa menyembelih hewan qurban bila yang hewan tersebut si penyembelih sendiri yang mengurbankannya. [Baca Juga : Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan]

Doa Menyembelih Hewan Qurban

Latinnya : Bismillaahi, allohumma wallohuakbar. Allohumma hadza minka walaka, hadza anna.
Artinya: Dengan Nama Allah, Allah yang Maha Besar. Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.

4. Doa Menyembelih Hewan Qurban Milik Orang Lain

Sementara bila kita hanya menyembelihkan hewan qurban milik orang lain, maka doa menyembelih hewan yang dibaca ada sedikit penambahan. Lafal lengkap dari doa menyembelih hewan qurban milik orang lain adalah sebagai berikut:

Doa Menyembelih Hewan Qurban

Latinnya : Bismillaahi, allohumma wallohuakbar. Allohumma hadza minka walaka, hadza ‘anfulaan. Allohumma taqobbal minfulaani waali fulaan.
Artinya : Dengan Nama Allah, Allah yang Maha Besar. Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dari si fulan. Ya Allah, terimalah kurban dari fulan dan keluarga fulan ini.

Kata fulaan pada doa diatas juga diganti dengan nama sipemilik hewan kurban yang disembelih.

Nah, demikianlah kumpulan doa menyembelih hewan dan artinya yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan dengan baik, sehingga hewan yang kita sembelih dapat menjadi makanan yang membawa berkah. Amiin.

0 Response to "Doa Menyembelih Hewan Qurban, Aqiqah, dan Hewan Konsumsi"