Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Doa Nabi Adam : Doa Taubat yang Membuat Tangisan

Doa Nabi Adam - Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang diciptakan Alloh di muka bumi. Karena hanya hidup seorang diri, ia kemudian meminta seorang teman kepada Alloh dan diambilkanlah oleh Alloh sebuah tulang rusuk dari tubuhnya. Tulang rusuk tersebut kemudian diubah oleh Alloh menjadi seorang wanita bernama Siti Hawa. Singkat cerita, karena Adam dan Hawa melanggar perintah Alloh untuk tidak memakan buah dari pohon Qhuldi, Alloh kemudian melemparkannya ke dunia. Keduanya dipisahkan pada jarak yang sangat jauh sehingga tidak bisa saling bertemu.

Doa Nabi Adam

Setelah Alloh memisahkan Nabi Adam dan Siti Hawa, kedua nenek moyang manusia itu terus saling mencari. Karena merasa bahwa telah melakukan kesalahan dan dosa besar, nabi Adam dan Siti Hawa pun memanjatkan doa taubat untuk memohon ampunan dan agar bisa bertemu lagi dengan Siti Hawa. Doa tersebut sangat terkenal hingga saat ini dengan nama doa taubat Nabi Adam.

Adapun berikut ini lafal doa Nabi Adam tersebut untuk dapat Anda amalkan, seperti yang terdapat dalam QS. Al-A’raf ayat 23.

Doa Nabi Adam : Doa Taubat

Latinnya : Robbanaa dzolamnaa angfusanaa, wailam taghfirlanaa, watarhamnaa, lanakuunanna minal khoosiriin.
Artinya : Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah dzolim terhadap diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni dosa kami dan memberi rahmat kepada kami. Niscaya kami termasuk ke dalam golongan orang-orang yang merugi.

Doa taubat Nabi Adam di atas adalah doa terbaik yang sangat rugi bila tidak kita amalkan. Doa tersebut memiliki banyak sekali keutamaan. Apa saja keutamaan dari doa Nabi Adam ketika bertobat dan memohon ampun tersebut? Berikut penjabarannya!

1. Sebagai Pengakuan Dosa

Secara tersirat, doa yang dipanjatkan Nabi Adam dan Siti Hawa adalah bentuk pengakuan dosa mereka berdua yang telah melanggar perintah Alloh untuk menjauhi atau memakan buah Qhuldi. Pengakuan dosa dalam doa tersebut terlihat jelas pada kalimat : sesungguhnya kami telah dzolim terhadap diri kami sendiri. Kalimat tersebut bila kita resapi dengan hati yang tulus, akan mampu membuat air mata menetes. Betapapun, selama ini sering kali kita melupakan kesalahan dan dosa yang kita lakukan. Padahal, dosa-dosa tersebut kelak akan membebani diri kita di akhirat.

2. Sebagai Permohonan Ampunan

Doa Nabi Adam juga mengandung makna permohonan ampunan atas dosa-dosa yang dilakukan selama ini. Alloh memang Maha Pengampun, namun jika sebagai hambanya, kita tidak pernah meminta ampunan, atau bahkan mengakui kesalahan kita saja tidak mau, maka celakalah kita. [Baca Juga : Doa Nabi Daud Pelembut Hati]

3. Sebagai Permohonan Rahmat

Rahmat dan kasih sayang Alloh tak terbatas kepada semua mahluknya. Melalui doa Nabi Adam tersebut, kita bisa meminta agar setelah dosa-dosa kita diampuni, rahmat Alloh akan menyertai perjalanan hidup kita, sehingga kita dapat selalu berjalan di atas jalan yang lurus.

Doa Nabi Adam : Doa Taubat

Nah, demikianlah lafal doa Nabi Adam yang dilafalkan untuk bertaubat dan memohon ampun kepada Alloh. Baik Nabi Adam maupun Siti Hawa, keduanya mengucapkan doa ini selama 40 tahun lamanya hingga akhirnya keduanya dipertemukan di Jabal Rahmat. Mengambil pelajaran dari doa taubat Nabi Adam ini, selayaknya bagi kita untuk terus tanpa henti memanjatkan doa ini di setiap kesempatan. Terlebih bila hati Anda telah terbuka, lakukanlah sholat taubat seraya memohon agar diampuni semua dosa lewat doa taubat Nabi Adam ini. semoga Alloh mengampuni dosa kita, sehingga kita dapat masuk ke dalam golongan orang-orang yang beruntung. Amiin Allohumma Amiin.

0 Response to "Doa Nabi Adam : Doa Taubat yang Membuat Tangisan"