Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Menyesal (Tangguh Hadapi Masalah)

Semua masalah yang datang sejatinya adalah ujian yang membuat kita menjadi lebih tegar dan sabar dalam menjalani kehidupan. Ketika ada orang yang menyakiti kita misalnya, kita harus tetap berusaha untuk selalu mendekatkan diri kepada sang Maha Hidup agar senantiasa diberi kemudahan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Seseorang yang menyakiti kita, entah itu sahabat, kekasih, tetangga, atau keluarga sendiri adalah juga bagian dari hidup kita. kita tak perlu membalas semua perbuatannya dengan kembali menyakitinya. Islam mengajarkan kita untuk selalu berserah diri. Doa agar orang yang menyakiti kita menyesal dan menyadari kesalahannya harus kita panjatkan sembari melakukan apa yang telah diajarkan Rasululloh ketika hati kita tersakiti.

Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Menyesal

Tidak ada orang yang mau disakiti, tapi bukan berarti ketika kita disakiti, kita harus meluapkan amarah dan membalas dendam kepada yang menyakiti kita. Islam mengajarkan agar kita memperhatikan sikap kita bila ada seseorang yang menyakiti kita. Ada 5 hal yang harus kita lakukan ketika ada orang yang menyakiti kita. termasuk di antaranya adalah melafalkan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal dan sadar atas kekhilafannya.

Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Menyesal

1. Muhasabah

Pertama, kita harus mencoba bermuhasabah atau introspeksi diri. Apakah gerangan yang membuat orang lain menyakiti kita. Apakah mungkin ia menyakiti atas dasar kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan padanya? Ataukah semua ini akibat dosa-dosa kita yang terdahulu? Kita masing-masinglah yang bisa menjawab kedua pertanyaan ini.

2. Dekatkan Diri kepada Alloh

Kedua, dekatkan diri kita kepada Alloh. Bersyukurlah karena Alloh telah menjadikan kita sebagai pihak yang teraniaya. Bersabarlah dan berdoalah. Karena doa orang-orang yang teraniaya adalah doa-doa yang makbul. Kita tidak perlu mendoakan hal buruk pada mereka yang menyakiti kita. Berdoalah yang baik untuknya, misalkan dengan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal dan menyadari kesalahannya sebagaimana berikut.

Ya Allah, bimbinglah kami agar senantiasa dapat mengambil hikmah dari semua kejadian. Jadikanlah kami sebagai hamba yang dapat menahan amarah. Lapangkan hati kami agar senantiasa mau memaafkan segala kesalahan. Berikan kekuatan pada kami untuk mampu membalas segala keburukan dengan kebaikan.

Ya Allah, sadarkan kami bahwa semua hal yang telah dan akan terjadi ialah atas kehendak-Mu dan atas taqdir-Mu. Jadikan setiap taqdir yang Kau jadikan kepada kami, supaya selalu membawa kami lebih dekat kepada-Mu.

Ya Allah ampunilah dosa kami dan dosa orang yang telah menyakiti kami. Satukanlah hati kami dengan marifah-Mu. Amin.

3. Kasihi Orang yang Menyakiti Kita

Ketiga, kasihilah orang yang menyakiti kita. Jika luka dibalas luka, tentu permusuhan tak akan pernah ada habisnya. Berikanlah kelembutan, bukan balas dendam, karena siapa tahu orang yang menyakiti kita adalah orang yang kelak akan menolong kita dalam kesulitan. [Baca Juga : Doa Agar Hujan Berhenti]

4. Kendalikan Amarah

Keempat, kendalikan amarah. Jika kita menuruti amarah, kita tidak akan pernah diuntungkan, justru ada 2 kerugian yang mutlak diperoleh oleh kita. Kerugian pertama, kita telah disakiti orang, dan kerugian kedua kita disakiti oleh diri kita sendiri karena sejatinya amarah akan merusak perasaan kita. Oleh karenanya, tahanlah diri Anda. Doakan agar orang yang menyakiti kita menyesal adalah hal yang lebih baik dibanding menuruti nafsyu setan. Anggap saja kesakitan dan kedzoliman yang dilakukan olehnya dapat menjadi penebus dosa.

5. Menyadari

Sadarilah bahwa semua yang terjadi, termasuk pertengkaran dan masalah yang Anda alami adalah atau takdi, qodo dan qodarulloh. Kita sebagai hamba hanyalah menjadi perantara untuk terjadinya sesuatu, sedangkan yang berkehendak atas semua hanyalah Alloh semata.

6. Maafkan

Keenam, maafkanlah. Tidak ada yang lebih indah dibanding rasa saling memaafkan. Maafkanlah orang yang telah menyakiti kita agar kebaikan bisa kita raih. Maafkan dengan ikhlas. Bukankah Alloh Yang Maha Pemaaf selalu memaafkan dosa-dosa kita? Kenapa sebagai mahluknya kita tak bisa belajar untuk saling memaafkan?

Nah, demikianlah yang sebaiknya kita lakukan ketika merasa tersakiti oleh orang lain. Jadi jangan balas kesakitan Anda dengan dendam dan amarah yang membara. Balaslah dengan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal dan sadar atas kesalahan dan kekhilafannya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Menyesal (Tangguh Hadapi Masalah)"