Doa Niat Sholat

Doa Agar Hati Tenang Mohon Ketenangan Hati yang Gundah

Doa Agar Hati Tenang - Hati yang tenang adalah kunci kebahagiaan duniawi. Sebanyak apapun harta yang kita miliki, jika hati kita ada dalam ketakutan, kekhawatiran, dan penuh gundah gulana, tetaplah kurang lengkap rasanya. Ketenangan hati sejatinya hanya dimiliki oleh orang-orang yang berpasrah diri. Oleh karenanya, ketika suatu ketika tiba-tiba kita merasa cemas dan tidak tenang, maka sebaik-baiknya tindakan adalah dengan bermunajat kepada Alloh agar diberi ketenangan hati.

Doa Agar Hati Tenang

Sebelum membahas tentang doa agar hati tenang, terlebih dahulu mari kita pahami bagaimana cara menenangkan hati yang risau dan gundah seperti yang diajarkan Rasululloh.

Barang siapa yang hatinya risau, rasululloh menganjurkan agar mereka bersegera mengambil air wudlu. Sholat sunnahlah 2 rakaat dan mohonlah petunjuk kepada Alloh dan mintalah agar diberi ketenangan hati. Berdzikirlah seraya membaca istighfar dengan lafadz lengkap sebagaimana berikut.

Doa Agar Hati Tenang  
Latinnya : Astaghfirullaahal ‘adziima alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuum wa atuubu ilaihi.
Artinya : Aku memohon ampun kepada Allah, Yang tiada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Maha Mengurus, dan aku bertobat kepada-Nya

Kalimat istighfar bagi saya adalah sebaik-baiknya doa agar hati tenang yang selain mudah juga sangat makbul. Entah mengapa, setelah terus berulang-ulang membaca kalimat istighfar ini dengan penuh keikhlasan, setiap kali mengalami kegusaran, saya merasa ada kelegaan tersendiri di hati saya. [Baca Juga : Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan]

Selain dengan membaca istighfar, bermunajatlah dengan doa yang diajarkan rasululloh seperti yang pernah diriwayatkan dalam Hadist Riwayat Bukhori dan Muslim berikut ini

Doa Agar Hati Tenang

Latinnya : Allohumma inni as’aluka nafsaan bika muthma-innah, tu'minu biliqoo-ika watardhoo bi qodhooika, wataqna'u bi'athooika.
Artinya : Ya Alloh, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, jiwa yang yakin akan bertemu dengan-Mu, jiwa yang ridha dengan ketetapan-Mu, dan jiwa yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.

Doa Agar Diberi Ketenangan Hati

Di dalam Al-Quran Al-Karim, ternyata ada pula potongan ayat yang menyadarkan kita tentang bagaimana cara seorang muslim sejati ketika menghadapi masalah. Potongan ayat Al-Baqoroh 250 berikut ini juga dapat kita amalkan sebagai doa agar hati tenang sebagai lanjutan doa yang pertama.

Doa Agar Hati Tenang  
Latinnya : Rabbanaa afrigh alainaa sobron wasabbat akdaa manaa wansurnaa alal qoumil kaafiriin.
Artinya : “Ya Alloh, tuangkanlah kesabaran pada diri kami, kokohkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami dari orang-orang kafir”.

Doa Ketenangan Hati

Sementara itu, dalam Hadist yang diriwayatkan Bukhari, pernah juga ada riwayat atau perkataan Rasululloh yang dianggap sebagai bentuk munajat agar dijauhkan dari hal-hal buruk termasuk kegundahgulanaan dalam hati. Doa rosululloh tersebut juga dapat dijadikan amalan bagi kita yang mengharapkan ketenangan hati ketika menemui suatu masalah.

Doa Agar Hati Tenang  
Latinnya : Allahumma inni audzubika, minnal khammi, wal khajani, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wa gholabatidzayini, wa qohrirrijal.
Artinya : Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung dari sesuatu menyedihkan dan menyulitkan, rasa lemah dan rasa malas, rasa bakhil dan rasa takut, lilitan hutang dan penindasan.

Tips Agar Hati Mendapat Ketenangan

Selain melaksanakan sholat sunnah, istighfar, dan membaca doa-doa ketenangan hati. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menentramkan kembali hati Anda. Hal-hal berikut ini menurut pengalaman saya sangat membantu membuang semua rasa takut, rasa kecewa, dan sakit yang ada di hati kita.
  1. Bacalah surah Yasiin sebanyak 1 kali saja, jika masih terasa ada ganjalan ulangi membaca sampai 3 kali.
  2. Tunaikan shalat tahajud dan mohonkan doa agar hati tenang di sepertiga malam Anda. Sepertiga malam adalah salah satu waktu mustajab doa yang akan membantu terkabulnya keinginan Anda. Selain itu, suasana malam yang sepi akan semakin mengentalkan iman kita sehingga hati lebih kuat menghadapi semua.
  3. Perbanyak membaca istighfar terutama bila hati semakin merasa risau dan tidak tenang. Bila perlu bacalah lafal “La haula wala quwwata illa billah, Hasbunallooh wa ni’mal wakiil” (Artinya Tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah dan cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baiknya Pelindung.
  4. Hindari mendengar lagu yang bertema kesedihan atau kekecewaan.
  5. Dan terakhir, sentiasa berdzikir dan mengingati Allah dengan membaca doa ketenangan hati di atas di setiap kesempatan.

Nah, demikianlah amalan doa agar hati tenang yang bisa diamalkan untuk mendapatkan ketenangan hati. Dengan melakukan ikhtiar sebaik mungkin, semoga Alloh mengabulkan doa kita dan menjauhkan kita dari segala keburukan yang bersemayam di dalam hati kita. semoga bermanfaat!

0 Response to "Doa Agar Hati Tenang Mohon Ketenangan Hati yang Gundah"