Doa Niat Sholat

Doa Agar Diberi Kemudahan dalam Menghadapi Masalah

Doa Agar Diberi Kemudahan - Dalam menjalani hidup, terkadang kita menemui adanya aral dan kesulitan yang menerpa. Kesulitan saat menghadapi masalah sejatinya adalah hal biasa yang justru seharusnya dapat menambah kadar keimanan kita sebagai manusia yang beriman. Kesulitan adalah ujian bagi kita untuk menjadi lebih baik lagi dalam bertindak dan bersikap.

Adapun sebagai seorang muslim, hendaknya kita selalu berpasrah diri ketika menghadapi masalah, apapun bentuknya. Sandarkan diri kepada Sang Pencipta karena dengan begitu seberat apapun masalah pasti akan terasa ringan dan sesulit apapun urusan pasti akan terasa mudah. Berdoa agar diberi kemudahan dalam mencapai suatu tujuan adalah ikhtiar yang seharusnya kita lakukan.

Doa Agar Diberi Kemudahan

Salah satu riwayat yang dikisahkan dalam Al-Quran bisa menjadi bukti nyata bahwa masalah dan kesulitan bukanlah sesuatu yang harus kita ratapi. Riwayat yang mengkisahkan tentang ujian bagi Nabi Musa AS saat menghadapi keganasan Firaun yang kala itu menjadi raja yang dzolim ini harusnya membuat kita sadar bahwa kemudahan itu datangnya hanya berasal dari Alloh, karena Alloh-lah sebaik-baiknya penolong dan pelindung.

Doa Nabi Musa AS saat menghadapi Firaun seperti yang termaktub dalam Surat Thoha ayat 25-28 ini beliau bacakan ketika berada dalam kesulitan. Oleh karena itu, doa tersebut juga bisa digunakan sebagai doa agar diberi kemudahan dalam segala urusan bagi kita semua saat dalam kesulitan. Karena mudah-mudahan dengan membaca doa tersebut, pertolongan Alloh akan datang seperti datangnya pertolongan Alloh terhadap Nabi Musa.

Doa tersebut memiliki lafal, latin, dan artinya sebagaimana berikut:

Doa Agar Diberi Kemudahan

Latinnya : Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.
Artinya : Ya Alloh, lapangkanlah dadaku ini, mudahkanlah urusanku ini, dan lepaskanlah kekakuan lidahku ini, supaya mereka dapat memahami perkataanku.

Doa Agar Diberikan Kemudahan dalam Kesulitan

Selain doa Nabi Musa AS di atas, Anda juga dapat menggunakan doa agar diberi kemudahan dalam segala urusan yang sesuai tuntunan Rosululloh seperti yang tercantum dalam hadist riwayat Bukhari berikut ini :

Doa Agar Diberi Kemudahan

Latinnya : Alloohumma laa sahla, illaa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna, idzaa syi'ta sahlaa.

Artinya : Ya Allah, tidak ada kemudahan, melainkan bila Engkau yang membuatnya mudah. Dan adanya kesulitan, jika Engkau kehendaki pasti ia akan menjadi mudah.

Doa Agar Diberi Kemudahan dan Mohon Pertolongan

Untuk doa yang lebih panjang, Anda juga dapat menggunakan potongan Qur’an Surah Al-Baqoroh 286 yang bunyinya sebagai berikut:

Doa Agar Diberi Kemudahan dalam Menghadapi Masalah

Artinya : Ya Alloh, janganlah hukum kami jika kami lupa atau bersalah. Ya Alloh, janganlah bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana beban yang engkau berikan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Alloh, janganlah Engkau pikulkan sesuatu kepada kami yang tak sanggup kami pikul. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Yang menolong kami, maka tolonglah kami dari kaum kafir.

Doa Agar Diberi Kemudahan Menghadapi Masalah

Jika Anda memohon diberi kemudahan sekaligus ingin meminta petunjuk dari Alloh atas masalah yang tengah dihadapi, Anda juga dapat menggunakan QS Al Kahfi ayat 10 sebagai doa agar diberi kemudahan dan petunjuk.

Doa Agar Diberi Kemudahan segala Urusan

Latinnya : Rabbana Aatinaa miladunka rohmata, wahayyaa lanaa min amrinaa rosadaa.
Artinya : Wahai Tuhan, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu. Dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan ini.”

Nah, itulah beberapa doa agar diberi kemudahan yang dapat kami sampaikan di kesempatan ini. Semoga dengan membaca doa-doa tersebut dengan ikhlas dan sepenuh hati, pertolongan Alloh akan datang dan memudahkan segala urusan yang kita hadapi. Amin Allohumma Amiin. Salam.

0 Response to "Doa Agar Diberi Kemudahan dalam Menghadapi Masalah"