Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Manfaat Sholat Witir, Hikmah, Fadilah dan Keutamaannya

Shalat witir merupakan salah satu amalan sholat sunnah muakad, artinya sholat sunnah yang sangat utama untuk dikerjakan. Sholat witir juga umum disebut sholat penutup malam karena sholat ini dilaksanakan pada waktu malam setelah amalan-amalan sholat sunah lainnya. Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan pelaksanaan sholat sunah ini semasa hidupnya. Menurut beberapa riwayat, sholat dengan jumlah rakaat ganjil ini ternyata memiliki banyak keutamaan dan manfaat, terutama jika rutin dilakukan. Apa saja keutamaan dan manfaat sholat witir tersebut? Ingin tahu jawabannya? Silakan simak pemaparan berikut!

Manfaat Sholat Witir

Manfaat Sholat Witir dan Keutamaannya

Sholat witir dikerjakan pada rentang waktu antara sholat Isya dan sholat subuh. Dengan jumlah rakaat ganjil, kita disunahkan untuk melaksanakannya setelah shalat Tahajud atau setelah sholat tarawih. Jika dilaksanakan secara rutin, sholat sunah ini akan memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah keutamaan dan manfaat sholat witir tersebut.

1. Amalan yang Sangat Disukai Allah

Keutamaan dan manfaat sholat witir yang pertama adalah sebagai amalan sunah yang sangat disukai oleh Alloh. Keutamaan ini sesuai dengan petikan hadist yang diriwayatkan Abu Daud berikut ini

Dari Ali bin Abi Thalib RA., beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:


إِنَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ
“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka shalat Witir-lah, wahai para ahli al-Qur-an.”
Hadist tersebut adalah hadist sahih yang menggambarkan betapa beruntungnya orang yang rajin menunaikan sholat witir sebagai sholat penutup malamnya. Alloh menyukai orang-orang yang sering sholat witir. Oleh karenanya tentu tak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak menunaikannya, terutama jika kita ingin mendapat tempat terbaik di sisi-Nya kelak di hari kemudian.

2. Menyempurnakan Sholat Malam

Keutamaan dan manfaat sholat witir selanjutnya adalah sebagai penutup, pelengkap, dan penyempurna amalan-amalan sholat malam. Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa tidak pernah Rasulullah SAW walau dalam keadaan safar sengaja meninggalkan dua sholat sunnah, yaitu sholat fajar (sebelum subuh) dan sholat witir. Riwayat ini tentu menggambarkan betapa sholat witir ternyata sangat utama untuk ditunaikan, hingga Rasululloh sampai sedemikian sigapnya menunaikan sholat pengakhir malam ini.

Jika Anda takut ketiduran sehingga tidak bisa bangun saat tengah malam, maka Anda dapat menunaikan sholat witir pada awal malam sesaat sebelum dia tidur atau setelah sholat tarawih jika pada masa Ramadhan. Namun bila Anda yakin bisa bangun saat tengah malam, tepatnya pada waktu sepertiga malam untuk melaksanakan tahajud, maka lebih baik Anda menunaikan sholat sunnah witir setelah sholat tahajud saja.

3. Waktu Diijabahnya Doa

Sholat malam seperti tahajud dan witir dilaksanakan pada waktu sepertiga malam terakhir atau pada waktu dimana doa menjadi sangat mustajab dan mudah dikabulkan Alloh. Oleh karena itu, jika Anda memiliki keinginan atau hajat tertentu lakukanlah rangkaian sholat malam, mulai dari sholat hajat, dilanjut dengan tahajud, dan diakhiri dengan sholat witir dan doanya. Dengan melaksanakan sunah tersebut dan memohon semuanya kepada Alloh dengan sepenuh hati pada waktu yang mustajab insya Alloh apa yang menjadi hajat dan cita-cita Anda dapat terlaksana.

Nah, demikianlah beberapa manfaat sholat witir dan keutamaannya. Semoga dengan apa yang ditulis di artikel sederhana ini kita semua dapat tergerak untuk gemar menunaikan sholat malam di sisa-sisa umur kita yang mungkin tak lama lagi. Semoga bermanfaat dan kita semua dapat menjadi muslim sejati dengan mengikuti sunnah-sunnah Rosululloh SAW. Amin.

0 Response to "Manfaat Sholat Witir, Hikmah, Fadilah dan Keutamaannya"