Doa Niat Sholat

Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat, 2 Rakaat, dan 3 Rakaat

Sholat witir adalah salah satu sholat sunnah muakad yang dikerjakan sebagai sholat penutup dari rangkaian ibadah sholat malam, seperti sholat tarawih di bulan Ramadhan atau sholat tahajud di bulan-bulan biasa.

Sholat witir memiliki banyak keutamaan, karena Rosululloh telah mencontohkan pelaksanaan sholat sunah ini di masa hidup beliau. Kendati memiliki banyak keutamaan, sangat sedikit para muslimin muslimah masa kini yang mau menunaikannya. Salah satu kendala yang menyebabkan mereka jarang melaksanakan sholat ini adalah karena mereka tidak hapal bacaan niatnya. Oleh karena itu, untuk menjawab kendala tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang bacaan niat sholat witir mulai dari yang 1 rakaat, 2 rakaat, hingga 3 rakaat. Silakan disimak dan dihapalkan!

Niat Sholat Witir

Niat Sholat Witir 1 Rakaat, 2 Rakaat, dan 3 Rakaat

Witir berarti ganjil. Oleh karenanya, sholat witir juga disebut sebagai sholat sunah yang dikerjakan dalam rakaat yang ganjil. Shalat witir bisa dikerjakan dalam 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, 9 rakaat, atau 11 rakaat.

Jika dikerjakan dalam 3 rakaat atau lebih, sholat witir dapat dilakukan masing-masing 2 rakaat dengan 1 salam dan diakhiri 1 rakaat dengan 1 salam. Artinya jika Anda mengerjakan 3 rakaat, maka Anda harus melakukan 2 salam, 2 rakaat pertama 1 salam dan 1 rakaat terakhir 1salam, begitu seterusnya.

Niat Sholat Witir 2 Rakaat

Untuk melaksanakannya dalam 2 rakaat, Anda dapat membaca niat sholat witir dengan lafal sebagai berikut

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : “Ushalli Sunnatal Witri Rak' Ataeni Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Taa'alaa”
Artinya : “Saya niat sholat witir dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.”

Niat Sholat Witir 1 Rakaat

Sedangkan untuk melaksanakannya dalam 1 rakaat, Anda dapat melafalkan bacaan niat sholat witir berikut:

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : “Usholli Sunnatal Witri Rak' atam Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Ta'aalaa.”
Artinya : “Saya niat sholat witir satu raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.”

Sholat Witir 3 Rakaat

Tak sedikit para pembaca yang menanyakan pada kami tentang bagaimana bacaan niat sholat witir 3 rakaat. D isini perlu kami garis bawahi bahwa tidak ada hukum yang menjelaskan tentang pelaksanaan shalat witir dalam 3 rakaat sekaligus (1 kali salam).

Jika ingin melaksanakan sholat sunah ini dalam 3 rakaat, kita harus membaginya dalam 2 salam, yaitu 2 rakaat pertama 1 salam dengan membaca niat sholat witir 2 rakaat dan 1 rakaat terakhir 1 salam dengan membaca niat sholat witir 1 rakaat. Demikian hukumnya. Jika ada yang menciptakan atau mengajarkan niat sholat witir 3 rakaat sekaligus, hal ini tentu dipertanyakan karena Rasululloh tidak memberi contoh yang demikian.

Nah, itulah sekilas pemaparan mengenai bacaan niat sholat witir 1 rakaat dan 2 rakaat yang bisa kami sampaikan. Semoga Anda bisa lekas menghapalnya dan menjadi rutin menunaikan sholat penutup malam ini, sehingga kita semua tergolong orang-orang yang beruntung dan diakui sebagai umat Rasululloh di hari akhir kelak. Amin.

0 Response to "Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat, 2 Rakaat, dan 3 Rakaat"