Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Arafah dalam Bahasa Arab Lengkap Arti dan Latinnya

Niat Puasa Arafah - Salah satu ibadah di bulan Haji (Dzulhijah) yang mempunyai banyak keutamaan adalah ibadah puasa arafah. Puasa arafah adalah puasa yang ditunaikan pada hari arafah (tanggal 9 Dzulhijah) atau tepat sehari sebelum Hari Raya Idul Adha, khusus bagi mereka yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang ibadah puasa sunah yang satu ini, mulai dari keutamaan, manfaat, hingga niat puasa arafah bagi Anda yang membutuhkan. Silakan disimak!

Niat Puasa Arafah

Pelaksanaan puasa arafah telah dicontohkan oleh Rosululloh semasa hidupnya. Bahkan, beliau sangat menganjurkan umatnya untuk menunaikan ibadah yang satu ini. Buktinya, ada sebuah riwayat yang menyatakan bahwa Rosululloh pernah ditanya mengenai keutamaan puasa di hari arafah, kemudian beliau menjawab bahwa puasa arafah dapat menghapus semua dosa yang kita lakukan di tahun lalu dan dosa yang kita lakukan di tahun yang akan datang.

Niat Puasa Arafah

Hadist tersebut tentu menggambarkan betapa mulianya puasa arafah di sisi Alloh. Sayang seribu sayang jika dalam satu tahun yang panjang kita membiarkan satu hari arafah terlewat begitu saja tanpa melaksanakan puasa. Oleh sebab itu, marilah kita menunaikan ibadah ini sebagai wujud ketakwaan dan pengharapan kita pada ridho Alloh SWT.

Untuk menunaikan ibadah puasa arafah, di malam harinya, Anda terlebih dahulu diperkenankan membaca doa niat puasa arafah. Doa niat puasa arafah memiliki lafadz, arti, dan bacaan latin sebagai mana berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : “Nawaitu Shauma 'Arofata Sunnatan Lillaahi Ta'aala”
Artinya : “Aku Niat Puasa Arafah Sunnah Karena Allah Ta'ala”
Yang perlu diingat, sebelum berniat untuk melaksanakan puasa arafah keesokan harinya, pastikan tubuh dan badan Anda bebas dari hadast besar terlebih dahulu. Mandi wajib-lah untuk meluruhkan segala hadast besar agar ibadah dan niat puasa arafah yang kita lakukan esok hari dapat diterima di sisi Alloh sebagai amalan yang baik.

Hukum Puasa Arafah

Hukum puasa arafah adalah sunah muakad atau sunah yang sangat diutamakan. Beberapa riwayat menjelaskan keutamaan bagi seorang muslim untuk niat puasa arafah dan menunaikannya dengan penuh keikhlasan. Riwayat-riwayat yang menyatakan perintah pelaksanaan puasa sunah arafah adalah riwayat dari haist yang kuat. Semua madzhab dalam fiqih islam setuju jika puasa arafah adalah amalan yang dicontohkan Rosululloh SAW. [Baca Juga : Niat Puasa Rajab]

Keistimewaan Hari Arafah

Hari arafah atau hari dimana umat Islam yang melaksanakan ibadah haji tengah berwukuf di padang Arafah memang adalah hari yang istimewa. Pada hari ini, umat muslim di seluruh dunia berkumpul jadi satu, tumpah ruah mengisi setiap jengkal tanah di padang arafah untuk menunaikan wukuh. Di belahan bumi lain bermilyar-milyar umat islam bergembira karena hari kemenangan Idul Adha menjelang di depan mata.

Dalam hadist, disebutkan pula bahwa pada hari arafah semua doa umat islam yang beruntung akan diijabah oleh Alloh SWT. Doa yang dipanjatkan di hari arafah adalah sebaik-baiknya doa. Oleh karenanya, jika Anda ada hajat atau keinginan, mintalah pada Alloh pada hari tersebut dengan sepenuh hati.

Nah, demikianlah sekilas pemaparan kami mengenai niat puasa arafah dalam bahasa Arab lengkap dengan latin dan artinya. Semoga dengan mengetahui keistimewaan dan keutamaan puasa di hari arafah, kita semua semangat untuk mengerjakan amalan sunah ini esok hari. Semoga kita semua tergolong umat yang selalu berpegang pada sunnah. Amin. Selamat menunaikan!

0 Response to "Niat Puasa Arafah dalam Bahasa Arab Lengkap Arti dan Latinnya"