Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

3 Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Diberi Kemudahan

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan - Urusan dan masalah yang kita hadapi dalam kehidupan ini tidak semuanya mudah. Terkadang kita menemui adanya urusan-urusan yang pelik dan sulit untuk diselesaikan. Menghadapi hal ini, sebagai seorang muslim sejati kita harus tetap tawakal dan berserah diri atas semua permasalah yang dihadapi. Jika usaha telah kita lakukan, maka berdoa menjadi salah satu jawaban untuk memohon petunjuk dan pertolongan dari Sang Pemilik Jiwa.

Di artikel kali ini, kami akan memberikan kumpulan doa agar dimudahkan segala urusan khusus untuk Anda yang mungkin kini tengah menghadapi sebuah masalah besar, baik dalam perkara kehidupan berumah tangga, pekerjaan, jodoh, atau urusan lainnya. [Baca Juga : Doa Agar Suami Tunduk Kepada Istri]

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan

Sebuah urusan atau masalah, sesulit apapun pasti akan ada jalan keluarnya. Jangan pernah terbawa nafsu amarah sehingga kita terpancing untuk melakukan hal buruk yang bukannya menyelesaikan masalah, tapi justru dapat menimbulkan masalah baru. Memohon petunjuk atas urusan yang dihadapi adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah. Dengan adanya petunjuk, insya Alloh segala urusan akan menjadi lebih mudah diselesaikan.

Doa agar dimudahkan segala urusan sendiri ada banyak macamnya. Salah satu doa tersebut misalnya adalah doa yang dilafalkan rasululloh ketika menghadapi sebuah masalah sebagaimana berikut:

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan  
Latinnya : Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa.
Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Doa tersebut tercantum dalam hadist yang dikeluarkan oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah dan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Sanad hadist ini shahih dan bisa dipertanggungjawabkan isinya.

Dari doa dimudahkan segala urusan di atas, ada beberapa pelajaran yang bisa kita petik ketika menghadapi suatu masalah.
  1. Pertama, kemudahan datang hanya atas kehendak Alloh. Sesulit apapun masalah, akan jadi mudah jika Alloh sudah berkehendak.
  2. Gantungkanlah hati pada Sang Pemilik Hati. Karena bila bergantung pada kemampuan diri sendiri, misalnya terlalu pede, maka masalah yang besar akan terlihat semakin besar. Bukankah barang siapa yang bertawakal, ia akan dipermudah oleh Alloh.
  3. Sebagai mahluk yang tak punya daya upaya, manusia hanya bisa berkehendak atau berkeinginan, namun semua itu kembali lagi kepada Alloh. Terealisasi atau tidak keinginan semata-mata adalah karena izin Alloh.
  4. Imanilah takdir, qodo dan qodar agar ketika musibah datang kita tidak terlalu terpuruk dalam kesedihan. Begitupun sebaliknya.
  5. Di satu sisi, takdir buruk memang terasa menyakitkan. Namun, bila dilihat dari sisi lainya, takdir tersebut pasti membawa hikmah yang dapat menunjukan kita kearah kebaikan yang hakiki.

Selain doa di atas, ada beberapa doa agar dimudahkan segala urusan yang juga diajarkan dalam panduan umat Islam beragam, yakni Al-Quran dan Al-Hadist. Contohnya doa dimudahkan segala urusan yang kerap juga dikenal sebagai doa nabi Musa AS dalam QS Thoha 25-28 berikut ini.

Doa Dimudahkan Segala Urusan  
Latinnya : Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qouli.
Artinya : Ya Alloh, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku.

Atau doa agar dimudahkan segala urusan dan diberi petunjuk seperti yang tercantum dalam QS Al-Kahfi 10 berikut ini:

Doa Dimudahkan Segala Urusan  
Latinnya : Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmata, wahayya lanaa min amrinaa rosyad.
Artinya  : Ya Alloh, berikanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini.

Nah, demikianlah beberapa doa agar dimudahkan segala urusan yang dapat kami sampaikan beserta tips-tips yang mungkin dapat membantu Anda dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Yakinlah jika Alloh berkehendak, setiap masalah dan urusan yang kita hadapi sesulit apapun pasti akan terasa mudah jika kita ikhlas dan berserah diri. Semoga bermanfaat!

0 Response to "3 Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Diberi Kemudahan"