Doa Niat Sholat
Puasa Senin Kamis

Doa Agar Anak Sholeh, Penurut, dan Tidak Nakal (Bandel)

Doa Agar Anak Sholeh - Saya yakin semua orang tua pasti ingin memiliki anak yang sholeh. Anak sholeh adalah harta yang tiada terkira harganya. Bahkan disebutkan dalam sebuah hadist bahwa ketika kita meninggal dunia, amalan yang tidak akan pernah putus untuk kita salah satunya adalah doa dari anak yang sholeh.

Nah, untuk itu, banyak orang tua yang berlomba mendidik anaknya agar bisa menjadi sholeh, misalnya dengan mengajarkannya ilmu agama sejak kecil, menyekolahkannya di sekolah yang berkualitas, dan lain sebagainya. Namun, apakah usaha tersebut cukup? Ternyata tidak, kita juga harus meminta kepada Alloh supaya dikaruniai anak yang sholeh yang bisa menjadi kebanggaan.

Doa Agar Anak Sholeh

Memiliki anak yang sholeh bukan hanya menjadi keinginan Anda seorang. Di masa silam, seperti yang dikisahkan dalam beberapa ayat Al-Quran, Nabi Ibrahim AS dan Nabi Zakaria AS juga memiliki keinginan yang sama dengan Anda. Selain dengan usaha yang tak kenal putus asa, mereka juga mengiringi usahanya itu dengan doa. Nah, berikut ini beberapa doa agar anak sholeh yang diucapkan kedua nabi tersebut untuk dapat Anda amalkan.

1. Doa Meminta Agar Dikaruniai Anak Sholeh

Yang pertama adalah doa Nabi Ibrahim AS. Doa ini diucapkan Nabi Ibrahim ketika nyaris putus asa setelah sekian lama menikah tapi belum juga dikaruniai seorang anak pun. Ia kemudian berdoa agar dikaruniai anak sholeh kepada Alloh dengan penuh tulus ikhlas dan berpasrah diri. Alloh kemudian mengabulkan doanya dan memberikan 2 anak dari rahim 2 istrinya, yaitu Ishak AS dari istrinya Sarah dan Ismail AS dari istrinya Hajar. [Baca Juga : Doa Agar Cepat Hamil]

Berikut ini lafal doa Nabi Ibrahim AS tersebut untuk Anda amalkan lengkap dengan aksara arab, latin, dan artinya seperti dikutip dari QS As Shaafaat ayat 100. Bacalah doa agar anak sholeh ini setiap kali selesai sholat fardlu.

Doa Agar Anak Sholeh
Latinnya : Rabbi hablii minashshoolihiin.
Artinya : Ya Tuhanku, anugrahkanlah seorang anak yang saleh kepadaku.

2. Doa Agar Anak Tidak Nakal

Selain dalam Nabi Ibrahim, Nabi Zakaria juga pernah berdoa agar memiliki anak yang baik. Jika anak Anda nakal, coba amalkan doa ini sambil mengajarkannya bagaimana cara bersikap yang baik. Berikut lafal doa agar anak sholeh tersebut seperti dikutip dalam QS Ali Imron ayat 38.

Doa Agar Anak Sholeh dan Penurut
Latinnya : Robbi hablii miladunka darroyyata thoyyibah. Innnaka samiiuddu’aa.
Artinya : Ya Tuhan, berilah aku dari sisi Mu, seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat Yang Maha Mendengar Doa".

Sesuai riwayat yang diceritakan dalam Al-Quran, doa Nabi Zakaria di atas sebetulnya adalah doa agar cepat hamil atau punya keturunan. Nabi Zakaria yang sempat diuji karena setelah sekian lama menikah dan belum juga dikaruniai seorang anakpun, akhirnya membacakan doa tersebut dan lahirlah Nabi Yahya AS dari rahim istrinya yang mandul atas izin Alloh. Kendati begitu, makna dari doa tersebut sangat sejalan dengan keinginan bagi setiap orang yang ingin punya anak sholeh. Oleh karena itu, doa tersebut juga bisa digunakan sebagai doa agar anak sholeh. [Baca Juga : Doa Agar Suami Tunduk kepada Istri]

3. Doa Agar Anak Sholeh

Selain kedua doa di atas, Anda juga dapat mengamalkan doa berikut ini setiap kali selesai sholat fardlu sebagai pengharapan dan munajat supaya dikaruniai anak sholeh.

Doa Agar Anak Sholeh dan Penurut
Latinnya : Allaahummaj'al Aulaadanaa Aulaadan Shoolihiina, Khaafi-Dziina Lil Qur'aani, Wassunnati Fuqohaa Fiddiini Mubarokan Khayaatuhum Fiddunyaa Wal Aa'khiroti
Artinya : Ya Allah, jadikanlah anak-anak keturunan kami sholeh dan sholehah, yang hafal Al-Qur'an dan Sunnah, yang faham dalam agama, dan diberkati kehidupannya di dunia dan di akhirat.

Nah, demikianlah beberapa doa agar anak sholeh yang dapat kami rangkum dari Al-Quran dan Hadist. Silakan diamalkan sehingga Alloh dapat mengabulkan doa dan keinginan kita untuk punya anak yang akhlaknya baik dan soleh. Amin.

0 Response to "Doa Agar Anak Sholeh, Penurut, dan Tidak Nakal (Bandel)"